Tolak Aturan WhatsApp, 8 Fitur Ini Tak Akan Bisa Dipakai

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Tanggal pemberlakuan kebijakan privasi di WhatsApp yang melibatkan sharing data dengan Facebook tinggal menghitung hari.

Pengguna diminta untuk menyetujui ketentuan baru tersebut, tapi juga bisa menolak dengan tidak menekan tombol “setuju”. WhatsApp menegaskan bahwa akun pengguna yang tidak setuju dengan ketentuan baru itu tak akan dihapus pada tanggal 15 Mei.

Meski demikian, ada konsekuensi lain berupa pembatasan fungsi yang dikenakan secara bertahap setelah tenggat itu. Awalnya, pengguna akan kehilangan akses ke daftar obrolan, tapi masih bisa menjawab panggilan masuk dan video call.

“Setelah beberapa pekan dengan fungsi terbatas, Anda tidak akan bisa lagi menerima panggilan masuk atau notifikasi. WhatsApp akan berhenti meneruskan pesan dan panggilan ke ponsel Anda,” tulis WhatsApp dalam laman berisi penjelasan di situsnya.

Baca Juga:
15 Mei, WhatsApp Pastikan Tak Ada Akun yang Dihapus

Dengan kata lain, jika tidak setuju dengan perubahan kebijakan privasi WhatsApp, pengguna pelan-pelan akan dibuat tak bisa menggunakan layanan pesan instan tersebut lewat pembatasan fungsi.

Selain itu ada juga beberapa fitur yang tidak bisa dilakukan jika pengguna tidak menerima aturan privasi WhatsApp yaitu:

  1. Tidak bisa mengirim update status baru di dalam aplikasi.
  2. Tidak bisa meneruskan pesan dari satu chat ke chat lainnya.
  3. Tidak bisa mengatur dan menggunakan daftar broadcast dan membuat grup baru, tapi masih bisa ditambahkan ke grup baru oleh orang lain, jika pengaturan privasi mengizinkan untuk mereka untuk menambahkan pengguna, jika tidak, pengguna tidak dapat menerima undangan baru ke grup.
  4. Layanan messaging jadi sangat terbatas: pengguna tidak bisa mengutip pesan atau me-mention anggota grup, dan kalian tidak bisa mengirimkan pesan suara, stiker dan jenis media lainnya di dalam aplikasi.
  5. Tidak bisa backup riwayat chat, jika kalian sudah mematikan backup otomatis.
  6. Tidak bisa menggunakan layanan Click to Chat.
  7. Tidak bisa memindahkan riwayat chat.
  8. Jika pengguna pengguna iOS, merela tidak bisa melihat media yang sudah dibagikan jika belum diekspor sebelumnya. Untuk WhatsApp di Android, pengguna masih bisa melihat media menggunakan File Manager.

Selagi fungsi aplikasi dibatasi, WhatsApp akan terus menampilkan notifikasi yang meminta pengguna agar menerima kebijakan privasi baru berikut tombol untuk menyetujuinya.

Baca Juga:
Kebijakan Baru WhatsApp Segera Berlaku, Simak Lagi Poinnya

Jadi, pengguna bisa berubah pikiran dan mengembalikan fungsi aplikasi sewaktu-waktu. Perlu ditambahkan bahwa ada ketentuan lain di mana WhatsApp menyebutkan bahwa akun pengguna masih bisa dihapus apabila tidak aktif selama 120 hari.

Apabila diinginkan, pengguna juga bisa langsung menghapus sendiri akun WhatsApp miliknya. WhatsApp mengingatkan bahwa akun yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan.

“Penghapusan akun akan ikut menghapus chat history Anda, mengeluarkan Anda dari semua grup, serta menghapus data backup WhatsApp Anda,” tulis WhatsApp.

- Advertisement -

Latest News

Honor Kembali Gunakan Google Mobile Services

Technologue.id, Jakarta - Sejak memanasnya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok pada tahun 2020 lalu membuat Huawei dan Honor tidak bisa...

Huawei Tak Jadi Rilis Mate 50 Tahun Ini?

Technologue.id, Jakarta - Umumnya, hampir setiap tahun Huawei meluncurkan dua produk flagshipnya yakni seri P dan seri Mate. Namun tahun ini, sepertinya...

Bukalapak Bakal IPO pada Agustus 2021

Technologue.id, Jakarta - Perusahaan e-commerce, Bukalapak akan melakukan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) pada bulan Agustus mendatang.

Smartfren Uji Coba 5G di Frekuensi 26 GHz, Seberapa Kencang?

Technologue.id, Jakarta - Smartfren bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menguji jaringan 5G pada Kamis (17/6/2021) dengan menggunakan frekuensi 26 GHz...

Utamakan Uji Mutu, vivo Jamin Kualitas Smartphone

Technologue.id, Jakarta - Komitmen brand smartphone vivo dalam memenuhi permintaan pasar smartphone di negeri ini tidak pernah mengendur. Hal ini dibuktikan dengan...

Related Stories