Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Transformasi Digital Percepat Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Transformasi digital sedang menjadi isu yang getol dihembuskan supaya mendorong pertumbuhan ekonomi secara lebih cepat. Indonesia disarankan mengoptimalkan teknologi pita lebar(broadband) serta menerapkan strategi investasi yang tepat. "Dengan skenario strategi digitalisasi terbaik, Indonesia diproyeksikan bisa mendapat tambahan pertumbuhan PDB (produk domestik bruto) sebesar 1,8% pada tahun 2025, dari rata-rata pertumbuhan ekonomi saat ini sebesar 5%," jelas Arri Marsenaldi, Executive Product Manager Huawei Indonesia di Jakarta.

Baca juga :

XL Axiata Mimpi ‘Jadi Lebih Baik’ di 2018

Arri memaparkan peningkatan investasi infrastruktur digital secara berkelanjutan merupakan aspek penting untuk memaksimalkan perkembangan industri secara sehat terlebih di sisi broadband dan adopsi teknologi cloud. Laporan berjudul Digital Spillover 2017 dari Huawei dan Oxford Economics menyebutkan pada tahun 2025 pemakaian internet untuk aktivitas bisnis diperkirakan tumbuh pesat di berbagai sekor industri. Di saat yang sama, ekonomi digital akan tumbuh dan berkontribusi sampai 24,3 persen terhadap PDB dunia.

Baca juga :

2018, Smartfren Terus Optimalisasi Jaringan 4G LTE

Seiring berjalannya waktu, teknologi digital berevolusi dan mengambil tempat yang kian penting di sisi kehidupan manusia. Teknologi digital yang awalnya hanya digunakan sebagai pendukung kemudian berkembang dan mendapat peran strategis dalam proses pengambilan keputusan penting. Indonesia sendiri, menurut Arri, sedang berada di fase awal transformasi digital yang terlihat dari rendahnya tingkat adopsi cloud dalam ekosistem digital. Angka penetrasi 4G dan peningkatan kemampuan masyarakat dalam mengakses internet baik secara fixed dan mobile broadband disarankan pemerintah bisa mengoptimalkan tujuan Rencana Pita Lebar (RPI).

Baca juga :

Tips Tetap Terhubung Pakai XL di Amerika Serikat

"Optimalisai RPI termasuk pengembangan dan peningakatan infrastruktu pita lebar di wilayah pedesaan, jaringan e-government serta pusat data pemerintah. Tapi supaya hasilnya optimal, transformasi digital sebaiknya didukung oleh semua pihak baik dari pemerintah, swasta maupun masyarakat. Kolaborasi " imbuh Arri dalam diskusi yang diikuti Technologue.id. Lebih lanjut, Arri mengaku pihak Huawei telah mengambil peran sebagai pihak swasta dalam ekonomi digital Indonesia. Ia juga mengklaim perusahaannya telah melakukan kerjasama dengan pihak-pihak lain yang mendukung transformasi dan pembangunan ekosistem digital di Indonesia maupun dunia.

SHARE:

Penjualan Mobil Bekas Meningkat, Caroline Perluas Jaringan di Tangerang Selatan

Desain Stylish Itel Pad 2 Dukung Produktivitas, Ini Spesifikasi dan Harganya