Technologue.id, Jakarta - Traveloka saat ini mencapai usia satu dekade beroperasi sejak lahir pada 29 Februari 2012.
Selama 10 tahun, perusahaan terus bertransformasi mulai dari metasearch sebagai agregator pembanding harga tiket pesawat, hingga kini berkembang menjadi lifestyle superapp yang menawarkan solusi end-to-end untuk kebutuhan gaya hidup konsumen di Indonesia.
"Selama sepuluh tahun, Traveloka bertransformasi mulai dari metasearch sebagai agregator pembanding harga tiket pesawat secara online, lalu menjadi Online Travel Agent, dan sekarang menjadi lifestyle superapp," ujar Albert, Co-Founder Traveloka.
Baca Juga:
Traveloka Hadirkan Holiday Stays untuk Akomodasi Privat
Albert menuturkan, inovasi menjadi kunci utama sebagai perusahaan teknologi untuk dapat terus berkembang, beradaptasi, dan menyediakan solusi yang relevan dalam menjawab kebutuhan dan aspirasi konsumen.
"Selama 10 tahun, kami telah melahirkan beragam produk dan layanan, menghadirkan kemudahan bagi lebih dari 40 juta konsumen, menggandeng lebih banyak mitra yang kini jumlahnya mencapai jutaan. Serta berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan untuk bersama-sama memberikan kontribusi terhadap industri pariwisata dan perekonomian," ucap Albert.
Kini Traveloka telah bertransformasi dengan menyediakan lebih dari 20 produk dan layanan di bawah tiga pilar utama, yaitu perjalanan (travel), local services, dan layanan keuangan (financial services).
Perusahaan berkomitmen untuk konsisten bertumbuh dan membawa nama Indonesia ke belahan dunia lainnya, membuat perusahaan yang dirintisnya menjadi unicorn pertama di Tanah Air yang mengembangkan bisnis di luar.
Sejak 2015, Traveloka mengepakkan sayapnya dan menjejakkan kaki di ASEAN, tepatnya di Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Salah satu manifestasi dari komitmen Traveloka untuk terus berinovasi tergambar dari milestone saat meluncurkan layanan Traveloka PayLater pada 2018.
Baca Juga:
Traveloka Manfaatkan Cloud Gali Insight Pengguna
"Traveloka menjadi pionir yang memperkenalkan konsep yang dikenal sebagai buy now pay later (BNPL) ini di Indonesia, dengan tujuan utama untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan akses layanan finansial sehingga membantu mereka untuk dapat mengatur cashflow dengan lebih baik," ungkap Albert.
Perayaan satu dekade juga dilangsungkan serentak di Singapura, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Filipina yang menawarkan produk gaya hidup serta perjalanan dengan diskon hingga 50 persen. Traveloka pun menghadirkan fitur baru berupa Traveloka Explore, inovasi yang membuat konsumen bisa mengunggah foto dan video singkat tentang pengalaman perjalanan dan gaya hidup mereka.
Untuk memeriahkan hari jadinya yang ke-10, lifestyle superapp ini menghadirkan program promosi bertajuk Salebrat10n serta kampanye Trave10ka BDAY BASH.