Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Tri Indonesia Bicara Konsolidasi Antar Operator, Pilih Siapa?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Berita rencana konsolidasi operator PT Hutchison 3 Indonesia atau Tri Indonesia semakin santer terdengar. Manajemen Tri telah menyiapkan skema akuisisi maupun merger dengan operator seluler, di samping menyiapkan dana untuk aksi korporasi tersebut bila terbuka kemungkinan. Danny Buldansyah, Wakil Direktur Utama Tri Indonesia mengatakan sudah menjajaki dan melakukan pembicaraan dengan semua operator. Manajemen perusahaan sendiri pun sudah mengantongi penilaian terhadap semua calon operator yang akan diajak kolaborasi.

Baca Juga: Beli Kuota Internet di Tri Bisa Dicicil Selama Sebulan

"Pemegang saham kami sudah bicara dengan operator-operator lokal. Tapi memang belum ada pembicaraan formal mengenai dengan siapa kami berkonsolidasi. Penjajakannya masih omongan doang," kata Danny, usai hadir di event Rekomendasi ATSI untuk pengaturan IMEI, di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Selasa (24/09/2019) Kemungkinan konsolidasi ini, kata Danny, membidik tiga operator besar, kecuali Telkomsel. "Kalau Tri, kemungkinan konsolidasi itu pasti cuma XL Axiata, Indosat, atau Smartfren, yang kita lihat sinerginya ada value-nya," ungkapnya Soal dana, Tri Indonesia mendapatkan suntikan investasi jumbo sebesar Rp 47 triliun dari pemegang saham. Jumlah tersebut sebagian digunakan untuk ekspansi bisnis, jaringan, pembayaran utang maupun rencana akuisisi dan merger. Mereka pun berada di posisi yang siap mengakuisisi. "Yang namanya konsolidasi itu harus ada willing buyer dan willing seller. Ada yang mau beli, ada yang mau ngejual. Kita di posisi yang mau beli kalau harganya reasonable," tambah Danny.

Baca Juga: XL Luncurkan Paket Data “Xtra Kuota Zero” Seharga Nol Rupiah

Wacana konsolidasi operator telekomunikasi sudah menjadi isu hangat dalam dua tahun terakhir. Namun tak kunjung terealisasi karena sejumlah kendala, salah satunya regulasi. Dirinya mengatakan aturan mengenai konsolidasi operator saat ini belum keluar sehingga pihaknya masih mencermati. Yang jelas, dirinya mengaku siap untuk melakukan akuisisi maupun merger untuk lebih menyehatkan industri telekomunikasi nasional. Isu konsolidasi ini ikut disuarakan oleh para pemegang saham operator-operator telekomunikasi yang ada di Indonesia. Sebelumnya diberitakan perusahaan konglomerasi asal Hong Kong, CK Hutchison Holdings berencana melakukan kombinasi bisnis nirkabel di Indonesia dengan unit bisnis Axiata yakni PT XL Axiata Tbk. Mengemukanya wacana ini kemudian memunculkan spekulasi mengenai kemungkinan operator Tri yang dioperasikan Hutchison 3 Indonesia akan melakukan konsolidasi dengan XL Axiata. Merespons informasi ini, manajemen XL Axiata tak mau berkomentar banyak mengenai rumor yang beredar di kalangan pelaku pasar. "Kami tidak bisa memberikan tanggapan. Bila membutuhkan informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Axiata Group sebagai pihak yang terkait," kata Henry Wijayanto, Head of External Communications XL Axiata, saat berada di launching paket Xtra Kuota Zero, Senin (23/9/2019).

SHARE:

Google One Akan Lenyapkan Fitur VPN

WhatsApp Diprotes Gara-Gara Turunkan Batas Usia Pengguna Jadi 13 Tahun