Trik agar Akun Facebook Anda Tak Mudah Diretas

Technologue.id, Jakarta – Skandal bocornya data Facebook sebenarnya layak dimasukkan ke daftar salah satu bencana dalam industri teknologi. Betapa tidak, platform tersebut punya lebih dari 2 miliar pengguna dan ternyata data-data tersebut bisa jatuh ke tangan pihak ketiga.

Untuk mengantisipasi akun Facebook Anda digunakan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab, mungkin sekarang masih belum terlambat untuk mengambil aksi pengamanan. Terlebih jika akun Anda masih bisa diakses tapi tanda-tandanya seperti kena hack, seperti adanya pengiriman permintaan pertemanan ke orang yang tak Anda ketahui, pesan pribadi yang mencurigakan, hingga post yang tidak pernah Anda share.

Baca juga:

Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android

Mari coba periksa akses aplikasi di akun Facebook Anda untuk kemudian memblokir akses aplikasi yang mencurigakan.

Pertama-tama, login-lah ke akun Facebook Anda via desktop. Lalu klik opsi ikon panah mengarah ke bawah di bagian kanan, pilih Settings. Kemudian, buka bagian “Apps”.
Di sini, Anda akan melihat semua aplikasi yang mengakses akun Facebook Anda.

Baca juga:

Ini Dia Cara Mudah Menggunakan Google Lens

Beberapa mungkin masih Anda butuhkan, tapi aplikasi yang tak lagi Anda pakai atau mencurigakan sebaiknya di revoke access. Caranya dengan mengklik ikon X di samping nama aplikasi tersebut begitu Anda mengarahkan mouse ke dekatnya.

Begitu simbol X diklik, Anda bakal dimintai konfirmasi. Tekan tombol “Remove” dan aplikasi itu berikut aksesnya ke akun Anda pun lenyap seketika.

Baca juga:

Cara Mudah Install Mickey Mouse AR Emoji di Galaxy S9

Langkah-langkah yang redaksi kutip dari HowToGeek.com (24/03/2018) ini sejatinya bisa juga dilakukan di aplikasi Facebook untuk iOS dan Android, yaitu dengan mengakses Menu > Account Settings (atau klik Settings dulu di iOS) > masuk ke opsi “Apps” > Logged in with Facebook. Dari sini, carilah aplikasi yang hendak dihapus aksesnya seperti di atas dan jangan lupa untuk mengonfirmasi aksi Anda ini begitu pop-up-nya muncul.