Technologue.id – Tahun 2019 akan segera datang dan mungkin Anda sudah punya resolusi baru yang ingin dicapai nanti. Apa salah satunya bisa berlibur ke destinasi idaman? Bukan hanya jadi mimpi, Anda bisa buat impian itu jadi kenyataan asalkan punya strategi yang tepat untuk mewujudkannya.

Nah, sebelum 2019 datang, ada baiknya kamu buat strategi yang matang dari sekarang. Simak beberapa trik mengatur strategi liburan 2019 ala Traveloka berikut!

  1. Cari Tahu Libur Nasional di Tahun 2019

Kalau kamu mau liburan, ya harus tahu tanggal-tanggal libur Nasional tahun 2019 juga dong. Tercatat ada sebelas hari libur Nasional pada tahun 2019 nanti (di luar hari Libur yang jatuh pada hari Sabtu dan Minggu). Mulai dari situ saja, Anda bisa sudah bisa tentukan tanggal yang baik untuk mengambil cuti dan berlibur bersama teman atau keluarga.

Beberapa tanggal merah pun jatuh dan membuat beberapa hari kejepit, seperti Tahun Baru Imlek (Selasa, 5 Februari), Hari Raya Nyepi (Kamis, 7 Maret), dan Kenaikan Isa Almasih (Kamis, 30 Mei). Anda bisa buat janji dari sekarang dengan kerabat untuk bisa berlibur.

Baca juga:

- Advertisement -

Bayar di Tempat, Fitur Baru dari Traveloka

  1. Buat Anggarannya dari Sekarang!

Ini bukan hanya menabung dan menyimpan uang, tapi juga membuat anggaran pengeluaran liburan nanti. Tentukan, mulai pengeluaran untuk tiket pesawat, biaya penginapan, hingga makan sehari-hari, dan juga oleh-oleh jangan dilupakan.

Dengan tahu jumlah besaran biaya yang dibutuhkan untuk liburan nanti, Anda juga tahu berapa besar uang yang harus disisihkan per harinya sampai hari liburan itu tiba. Lebih tepatnya, anggaran ini buat Anda lebih teratur dan tidak terlalu panik nantinya.

  1. Mulai Melirik Negara Bebas Visa

Bosan dengan lokasi wisata yang itu-itu saja? Coba cari tahu negara-negara yang bisa dikunjungi hanya dengan membawa paspor saja. Sebagian besar negara Asia Tenggara sudah bebas visa untuk turis dari Indonesia. Kalau Anda mau liburan yang lebih jauh, Nepal, Turki, atau Ukraina bisa jadi tempat liburan Anda selanjutnya.

Namun, harus dipastikan kalau paspor Anda masih berlaku hingga akhir tahun 2019 nanti. Kalau memang sudah hampir expired, segera buat paspor sekarang sambil menabung untuk biaya liburan nanti.

Baca juga:

Traveloka Injak Negara-negara Besar di Asia Tenggara

  1. Mulai Awas dengan promo dan travel fair

Supaya lebih murah, beli promo paket liburan dari bank atau Online Travel Agent (OTA). Anda bisa mendapatkan potongan harga atau cashback untuk beberapa tujuan destinasi dan mungkin saja itu adalah tujuan wisata Anda tahun 2019 nanti.

Sejumlah OTA pasti memberikan sejumlah promo menarik untuk beberapa penerbangan atau paket liburan. Salah satu OTA yang sering memberikan promo menarik adalah Traveloka. Nah, supaya Anda tidak ketinggalan info tentang promo-promo tersebut, ikut semua media sosialnya.

Promo tiket juga bisa Anda dapatkan dari travel fair yang biasanya diadakan pada akhir tahun 2018 atau awal tahun 2019 nanti. Nah, di sanalah saatnya Anda berburu tiket pesawat murah.

Baca juga:

Disuntik Rp4,7 Triliun, Traveloka Janjikan Ini untuk Pelanggannya

  1. Mencicil Tiket atau Hotel dari Jauh-jauh Hari

Mem-booking hotel jauh-jauh hari punya dua keuntungan. Pertama, kemungkinan Anda akan kebagian kamar dan kedua, harganya pun bisa lebih murah. Hal ini juga berlaku untik tiket pesawat, lho. Kalau memang Anda sudah bisa membei tiket pesawat sekarang, jangan tunda lagi dan segera pesan sekarang.

Namun, kalau memang sampai hari “H” liburan uang Anda tidak juga cukup untuk biaya liburan, coba manfaatkan fitur PayLater dari Traveloka. Dengan fitur ini, Anda bisa membeli semua produk dari Traveloka hingga Rp10 juta dan membayarnya 30 hari setelahnya.

Anda juga bisa memanfaatkan pembayaran cicilan mulai dari 2—12 bulan tanpa tambahan biaya tahunan dan down payment.