Pandemi Corona, Blibli Cetak Kenaikan Penjualan Enam Kali Lipat

Editor : Denny Mahardy

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan e-commerce Blibli.com membukukan kenaikan volume penjualan seiring diterapkannya physical dan social distancing di tengah wabah Covid-19. Tercatat ada kenaikan volume transaksi online berkali-kali lipat selama masa pandemi.

“Dari sisi bisnis, kita melihat perilaku orang di sekitar kita, semuanya go virtual. Dari data yang ada di Blibli malah kenaikan penjualan luar biasa bisa sampai 6 kali lipat dibanding hari-hari biasa,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, saat melakukan diskusi online bertajuk ‘Bertahan dari Pandemi: Penciptaan Market Baru di Tengah Covid-19’, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga:
Blibli Jamin Stok Produk Aman selama Ramadhan

Kusumo mengatakan peningkatan ini terjadi pada kategori produk makanan, minuman, masker kain, suplemen vitamin, hingga produk dekorasi interior rumah.

Ia menyebut pandemi membuat segalanya berubah termasuk industri. Hal ini menuntut pelaku usaha harus terus kreatif dalam beradaptasi dengan berbagai kondisi, termasuk saat daya beli menurun atau keterbatasan ruang gerak.

“Para UKM ini harus mulai berpikir kreatif dan positif. Pilihannya cuma dua yaitu meratapi nasib atau harus waktunya berpikir kreatif. Sekarang banyak daerah yang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka pakailah (pemasaran) online,” tutur Kusumo.

Untuk memajukan UKM Indonesia, Blibli.com bahkan menciptakan kanal khusus bertajuk Galeri Indonesia untuk memasarkan produk buatan Indonesia. Selain itu, mereka juga rutin mengadakan The Big Start Indonesia, sebuah program untuk memajukan UKM lokal melalui akses permodalan dan training usaha.

Selama masa sulit ini, Blibli juga tidak akan memungut biaya komisi sepeser pun dari seller lokal.

“Blibli bukan hanya bantu, namun semua penjualan akan dikembalikan ke pedagang. Kami tidak ambil komisi,” terangnya.

Baca Juga:
BliBli Luncurkan Platform Khusus Produk Halal

Bergabung dengan diskusi online hari ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan daerahnya siap membuka kerja sama dengan seluruh pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk memperluas jejaring. Pelaku UMKM bisa membikin model bisnis seperti franchise, mendirikan anak perusahaan, dan lainnya untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Ganjar menilai, Blibli adalah platform jual beli online yang berpengalaman untuk membangkitkan lagi semangat entrepreneurship warga Jawa Tengah. Dia tengah menyiapkan grand design untuk membangun tatanan kehidupan baru ke depannya.

“Sebenarnya kita borderless. Lakukan sekarang, jangan nunggu Covid-19 minggat. Maka bisa saya siapkan anggarannya di 2021,” kata dia.

Latest News

Akhirnya, Redmi Bakal Bikin Handphone Gaming Pertamanya

Sebelumnya Redmi selalu dikaitkan dengan Xiaomi. Namun pada 2019 silam, Redmi pisah dari Xiaomi. Tak lama, Redmi merilis ponsel berkamera 48 megapiksel...

Amazon Siap Jadi Kurir Vaksin Covid-19

Pandemi virus corona masih menghantui banyak orang di dunia. Peneliti di berbagai negara pun terus melakukan riset untuk menemukan vaksin Covid-19. Dengan...

Sharp AQUOS Sense4, Ponsel Terjangkau dengan Kuliatas Premium

Sepanjang tahun 2020 lalu pasar Smartphone di Indonesia terlihat menggairahkan, terhitung sampai dengan bulan November 2020 kemarin penjualan smartphone mampu menyerap  angka...

Mulai Hari Ini, PlayStation 5 Dijual di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - PlayStation 5 resmi hadir di Indonesia. Konsol game Sony generasi teranyar ini sudah dapat dibeli mulai hari ini, Jumat...

Rilis Smartphone Harga Terjangkau, Sharp Yakin Bisa Bersaing di Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Sharp dengan percaya diri hadir dengan Sharp AQUOS Sense4 untuk bersaing dengan pasar smartphone di Indonesia. Ponsel ini dilengkapi...

Related Stories