Pandemi Corona, Blibli Cetak Kenaikan Penjualan Enam Kali Lipat

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Perusahaan e-commerce Blibli.com membukukan kenaikan volume penjualan seiring diterapkannya physical dan social distancing di tengah wabah Covid-19. Tercatat ada kenaikan volume transaksi online berkali-kali lipat selama masa pandemi.

“Dari sisi bisnis, kita melihat perilaku orang di sekitar kita, semuanya go virtual. Dari data yang ada di Blibli malah kenaikan penjualan luar biasa bisa sampai 6 kali lipat dibanding hari-hari biasa,” ujar Kusumo Martanto, CEO Blibli.com, saat melakukan diskusi online bertajuk ‘Bertahan dari Pandemi: Penciptaan Market Baru di Tengah Covid-19’, Kamis (14/5/2020).

Baca Juga:
Blibli Jamin Stok Produk Aman selama Ramadhan

Kusumo mengatakan peningkatan ini terjadi pada kategori produk makanan, minuman, masker kain, suplemen vitamin, hingga produk dekorasi interior rumah.

Ia menyebut pandemi membuat segalanya berubah termasuk industri. Hal ini menuntut pelaku usaha harus terus kreatif dalam beradaptasi dengan berbagai kondisi, termasuk saat daya beli menurun atau keterbatasan ruang gerak.

“Para UKM ini harus mulai berpikir kreatif dan positif. Pilihannya cuma dua yaitu meratapi nasib atau harus waktunya berpikir kreatif. Sekarang banyak daerah yang menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), maka pakailah (pemasaran) online,” tutur Kusumo.

Untuk memajukan UKM Indonesia, Blibli.com bahkan menciptakan kanal khusus bertajuk Galeri Indonesia untuk memasarkan produk buatan Indonesia. Selain itu, mereka juga rutin mengadakan The Big Start Indonesia, sebuah program untuk memajukan UKM lokal melalui akses permodalan dan training usaha.

Selama masa sulit ini, Blibli juga tidak akan memungut biaya komisi sepeser pun dari seller lokal.

“Blibli bukan hanya bantu, namun semua penjualan akan dikembalikan ke pedagang. Kami tidak ambil komisi,” terangnya.

Baca Juga:
BliBli Luncurkan Platform Khusus Produk Halal

Bergabung dengan diskusi online hari ini, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan daerahnya siap membuka kerja sama dengan seluruh pelaku UMKM di seluruh Indonesia untuk memperluas jejaring. Pelaku UMKM bisa membikin model bisnis seperti franchise, mendirikan anak perusahaan, dan lainnya untuk melayani kebutuhan masyarakat.

Ganjar menilai, Blibli adalah platform jual beli online yang berpengalaman untuk membangkitkan lagi semangat entrepreneurship warga Jawa Tengah. Dia tengah menyiapkan grand design untuk membangun tatanan kehidupan baru ke depannya.

“Sebenarnya kita borderless. Lakukan sekarang, jangan nunggu Covid-19 minggat. Maka bisa saya siapkan anggarannya di 2021,” kata dia.

- Advertisement -

Latest News

Inisiatif ‘Hyperlocal’ Tokopedia Dorong UMKM Palembang Raup Untung Ratusan Juta

Technologue.id, Jakarta - Inisiatif 'Hyperlocal' Tokopedia kian membawa dampak positif bagi pegiat usaha lokal di Indonesia. Pempek Cek Dung dan Pabrik Kerupuk...

Sony Luncurkan Drone Airpeak S1, Bisa Terbang Hingga 90 Km/Jam

Technologue.id, Jakarta - Sony resmi meluncurkan drone Airpeak pertamanya. Adalah Airpeak S1, drone ini ditujukan untuk pembuatan film profesional.

WhatsApp di Feature Phone Bisa Dipakai Telepon

Technologue.id, Jakarta - Pemegang feature phone berbasis KaiOS kini bisa melakukan panggilan telepon atau voice call melalui WhatsApp. Aplikasi messaging populer tersebut...

Redeem Code Genshin Impact Edisi Bulan Juni 2021

Technologue.id, Jakarta - Genshin Impact buatan miHoYo kian diminati para gamer di seluruh dunia. Untuk sambut kehadiran update Genshin Impact versi 1.6...

Samsung Rilis ISOCELL JN1, Dukung Resolusi 50MP

Technologue.id, Jakarta - Samsung resmi mengumumkan sensor kamera terbaru mereka. Adalah ISOCELL JN1, sensor kamera ini diperuntukan bagi smartphone kelas menengah dan...

Related Stories