Technologue.id, Jakarta – Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, selain dual-camera OIS dan desain bezel-less-nya, iPhone X masih punya fitur menawan lainnya, yaitu Face ID. Sensor Face ID sendiri tak cuma bisa digunakan untuk meng-unlock ponsel, tetapi juga mengotorisasi pembayaran di platform digital plus Apple Pay serta digunakan untuk Animoji dan aplikasi unik lain semacam Rainbrow.

Baca juga:

Adu Rekam Video, OIS iPhone X Masih Kalah dengan Smartphone Ini

Namun, developer game ViRD, Kazuya Noshiro, punya cara lain untuk mengeksploitasi kehebatan Face ID. Melansir Engadget.com (27/12/2017), developer asal Jepang itu tampak bisa menghapus wajahnya, kecuali bagian mulut dan kedua matanya.

Klip berdurasi 10 detik yang diunggah di akun Twitter-nya itu ia juluki sebagai kamuflase optik. Sayang, Noshiro tak secara gamblang menjelaskan bagaimana trik tersebut bisa ia lakukan.

Baca juga:

Apakah Bodi iPhone X Kokoh? Ini Hasil “Penyiksaan” ke Ponsel Mewah Itu

Unik, Orang Ini Bisa Hilangkan Mukanya Pakai iPhone X!
Kazuya Noshiro melakukan ilusi optik dengan Face ID dari iPhone X (source: Twitter/noshipu)

Noshiro hanya memberikan clue lewat netizen yang bertanya apakah ia lebih dulu merekam background yang ia pakai di video itu. Ia mengaku bahwa langkah awal tersebut sudah benar. Jadi dalam kata lain, Noshiro merekam dulu situasi di belakangnya, kemudian ia me-masked out wajahnya dan memasukkan background tadi. Motion sensor iPhone X pun tinggal menyinkronkannya.

Baca juga:

Waduh, Face ID iPhone X Bisa Dibobol!

Di samping potensi Face ID yang luas, Apple sebaiknya juga mewaspadai celah keamanan yang memungkinkan dieksploitasi dari pengganti Touch ID tersebut. Keamanan biometrik itu dilaporkan telah dibobol oleh para pakar keamanan dari Bkav. Caranya yaitu dengan menggunakan topeng yang dibuat secara khusus, yang bisa menipu teknologi depth mapping Face ID.