Technologue.id, Jakarta – Apple sepertinya terlalu congkak. Saat mengenalkan iPhone X dengan salah satu fitur unik sekaligus andalannya, yakni Face ID, raksasa Cupertino itu mengklaim bahwa “topeng kualitas Hollywood” pun tak akan bisa mengecoh sistem face recognition itu.

Namun faktanya, menukil Engadget (11/11/17), para pakar keamanan dari Bkav mampu membobol Face ID dengan topeng yang dibuat secara khusus. Untuk menipu Face ID, mereka mengembangkan topeng yang bisa menipu teknologi depth mapping yang ditanamkan pada iPhone X, bukannya membuat topeng yang begitu mirip dengan wajah user.

Baca juga:

Samsung: Pengguna iPhone Enggak “Dewasa”!

Kreasi topeng ini dihasilkan dari 3D printer untuk meniru model wajah dan juga kulit hand-made imitasi untuk men-trick teknologi depth mapping tadi. Ada juga gambar 2D yang digunakan di bagian minor seperti kedua mata.

Yang cukup mencengangkan, tak butuh modal banyak untuk menembus sistem pengamanan iPhone pengganti Touch ID itu, yakni sekitar Rp2 jutaan.

Baca juga:

Apakah Bodi iPhone X Kokoh? Ini Hasil “Penyiksaan” ke Ponsel Mewah Itu

Yang jadi pertanyaan sekarang, haruskah para pemilik maupun calon pemilik iPhone X khawatir ponsel canggihnya bisa dibobol pihak tak bertanggung jawab? Mungkin saja, iya.

Akan tetapi, besar kans perjuangan yang harus dilakukan orang tak bertanggung jawab itu bakal berat. Pasalnya, Bkav sendiri enggan menyebutkan berapa kali percobaan yang harus mereka lalui sampai bisa meng-unlock iPhone X dalam tahap uji coba ini. Mereka hanya menyebutkan proyek ini memakan waktu selama lima hari.

Baca juga:

Lho, Apple Turunkan Kualitas Fitur Canggih pada iPhone X?

Saat dimintai keterangan oleh sumber yang redaksi kutip, sayangnya, Apple enggan mengomentari “karya” Bkav ini.