Upaya Instagram Cegah Upaya Peretasan dan Penipuan

Technologue.id, Jakarta – Instagram meluncurkan sebuah fitur keamanan baru bernama ‘Email dari Instagram’ untuk membantu mencegah upaya peretasan akun (hacking) dan penipuan (phishing).

Email dari Instagram membantu pengguna memastikan apakah email yang mereka terima adalah email resmi yang dikirimkan oleh tim Instagram atau email palsu yang mengatasnamakan Instagram.

Baca Juga:
Fitur Baru Instagram Siap Lawan Perundungan Online

Jejaring sosial berbagai foto dan video itu memahami bahwa hacking dan phishing adalah pengalaman yang meresahkan dan tidak menyenangkan. Email dari Instagram merupakan bagian dari kelanjutan komitmen Instagram untuk terus menghadirkan fitur-fitur yang dapat membantu menjaga keamanan pengguna, sehingga mereka memiliki pengalaman yang positif saat mengakses Instagram.

Hacking dan phishing adalah perilaku yang sudah ada sejak lama. Namun, sekarang ini para pelaku kejahatan semakin pintar dalam membuat email palsu yang mengatasnamakan Instagram. Sehingga banyak pengguna yang tertipu karena semakin sulit membedakan email yang resmi dari Instagram dan email palsu. Melalui fitur ini, kami ingin memberi kemudahan bagi pengguna untuk memastikan validitas setiap email terkait akun Instagram mereka secara langsung dari layanan Instagram, baik di perangkat mobile maupun desktop,” jelas juru bicara Instagram.

Baca Juga:
Instagram Ajak Pengguna Pamer Karya Lewat Filter Augmented Reality

Jika pengguna menerima email dari Instagram, mereka dapat memastikan validitas email yang mereka terima melalui beberapa langkah berikut:
● Aplikasi Instagram: Tekan simbol tiga titik (…), pilih “Pengaturan”, tekan “Keamanan”, pilih “Email dari Instagram”
● Mobile web: Tekan simbol tiga titik (…), tekan “Opsi”, pilih “Email dari Instagram”
● Desktop: Tekan simbol tiga titik (…), pilih “Pengaturan”, tekan “Email dari Instagram”

Setelah menemukan fitur Email dari Instagram, pengguna akan melihat dua buah tab, antara lain:
● Tab “Keamanan” yang berisi daftar email resmi yang dikirim oleh Instagram terkait keamanan akun dan aktivitas login dalam 14 hari terakhir .
● Tab “Lainnya” yang berisi daftar email lainnya diluar email keamanan akun yang dikirim oleh Instagram dalam 14 hari terakhir.

Instagram juga menghimbau para pengguna untuk lebih berhati-hati sebelum mengklik tautan (link) yang dikirim oleh email yang mengatasnamakan Instagram. Namun, apabila pengguna secara tidak sengaja mengklik link yang mencurigakan dan akun mereka diretas, mereka bisa mengambil alih kembali akun mereka melalui beberapa langkah yang bisa diakses melalui link ini.

Recent Articles

Tiktok Minggat dari Hong Kong

Technologue.id, Jakarta - TikTok memutuskan akan berhenti menawarkan aplikasi video sosialnya di Hong Kong setelah kawasan itu mengadopsi Undang-undang keamanan nasional baru.

Sah! Netflix Sudah Bisa Diakses Jaringan Telkom Group

Technologue.id, Jakarta - Tayangan hiburan Netflix mulai hari ini dapat diakses di jaringan TelkomGroup. Pembukaan akses ini akan memungkinkan pelanggan IndiHome, Telkomsel,...

PUBG Mobile Update 0.19.0 Bakal Rilis Royale Pass Season 14

Technologue.id, Jakarta - Lagi-lagi saatnya update terbaru PUBG Mobile hadir ke server. Update 0.19.0 kali ini hadir bersamaan dengan Royale Pass Season 14,...

Samsung Galaxy Z Flip 5G Hadir dengan Warna Cantik Mystic Bronze

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan warna Mystic Bronze pada Galaxy Note 20+. Kini Samsung dikabarkan akan memberikan pilihan warna serupa untuk...

Review Samsung Galaxy A11: Harga Ekonomis, Desain Menawan

Technologue.id, Jakarta - Untuk kelas bawah, lini smartphone Samsung Galaxy J sudah tidak ada lagi dan kini digantikan oleh seri A. Dan...

Related Stories