Upaya Tokopedia Jamin Keamanan Data Pelanggan

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Isu kebocoran data yang mendera salah satu marketplace online ternama seakan menjadi momok menakutkan dalam hal jaminan keamanan data pribadi. Seperti diketahui, perlindungan data konsumen memang menjadi tanggung jawab penyedia layanan.

Sebagai pelaku industri e-commerce, pihak Tokopedia mengaku selalu meningkatkan sistem keamanan demi memastikan keamanan dan kenyamanan para pengguna Tokopedia, dan memastikan data-data penting pengguna tidak disalahgunakan.

Baca Juga:
Tokopedia Terjun ke Bisnis Umrah

“Proteksi data konsumen sangat penting bagi kami. Oleh karena itu kami selalu a line dengan regulasi dari pemerintah. Kita juga menjaga kerahasiaan dari data customer kita dengan luar biasa. Platform solusi yang kita pakai menjaga kerahasiaan perusahaan dan data pelanggan itu continous to be harden over and over,” ujar Herman Widjaja, SVP of Engineering Tokopedia, saat media roundtable, di kantor pusat Tokopedia, Jakarta, Kamis (30/1/2020).

Bukti komitmen salah satu startup bergelar unicorn itu dalam menjaga kerahasiaan data adalah dengan tidak memperjualbelikan data pribadi.

“Kita tidak menjual atau memberikan data ke pihak manapun, kecuali ada surat kepolisian,” tuturnya.

Baca Juga:
Tebus Obat Resep Dokter Kini Bisa Melalui Tokopedia

Jaminan perlindungan data sudah tertuang pada Pasal 15 ayat 1 UU Nomor 11 Tahun 2018 ITE bahwa setiap penyelenggara sistem elektronik diharuskan menjaga keamanan platform. Tak dipungkiri, e-commerce tentu menyimpan banyak data pengguna dan merchant yang menjalin kerja sama dengannya.

Saat ini, Tokopedia memiliki 90 juta pengguna aktif bulanan, 250 juta produk, dan 7,2 juta merchant. Peningkatan jumlah pelanggan dan merchat dari tahun ke tahun yang semakin membengkak, membuat perusahaan teknologi lokal ini semakin serius dalam hal perlindungan data pengguna.

“Kalau ada program pemerintah yang membuat perlindungan data semakin kuat, pasti akan kami dukung,” ujar pria yang telah bergabung selama 1,5 tahun di Tokopedia tersebut.

- Advertisement -

Latest News

Facebook Temukan Cara Identifikasi Konten Deepfake

Technologue.id, Jakarta - Facebook sukses menemukan cara untuk mengidentifikasi deepfake. Ini dilakukan dengan menggunkan software artificial intelligence (AI). Dilansir...

Peneliti Temukan Malware Baik Hati

Technologue.id, Jakarta - Laporan terbaru dari BleepingComputer dan SophosLab menyebut ada malware unik ditemukan. Berbeda dari malware kebanyakan, malware...

Vivo V21 Siap Rilis di Indonesia, Unggulkan Kamera Selfie 44MP

Technologue.id, Jakarta - Vivo V21 segera melantai di Indonesia. Peluncuran produk terbaru V-Series tersebut akan berlangsung pada tanggal 22 Juni 2021 mendatang.

Viral Gajah Dipaksa Kerja Tarik Kayu, Netizen: Dzalim!

Technologue.id, Jakarta - Video gajah yang bekerja keras menarik potongan kayu viral di media sosial. Video tersebut diunggah dibanyak akun, salah satunya...

Nokia Ramai Dibahas Netizen Twitter

Technologue.id, Jakarta - Nokia mendadak ramai dibicarakan oleh para netizen Twitter . Hal ini lantaran tersebarnya meme berbunyi "Apa merk hp lo...

Related Stories