Update Telegram Bawa Fitur Mirip Clubhouse

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Pembaruan Telegram terbaru membawa peningkatan besar pada fitur Voice Chat yang diluncurkan kepada pengguna akhir tahun lalu. Telegram mengumumkan Voice Chat 2.0 yang memperkenalkan fitur-fitur mirip dengan Clubhouse.

Dilansir dari laman XDA Developers (19/3/2021), Voice Chat 2.0 Telegram kurang lebih memiliki konsep yang sama dengan Clubhouse, di mana pengguna dapat bergabung dengan saluran dan grup publik untuk mencapai hal yang sama.

Baca Juga:
Facebook dan Telegram Kompak Garap Fitur Pesaing Clubhouse

Fitur Telegram Voice Chat pertama kali terlihat dalam update aplikasi versi beta awal bulan ini. Sekarang, fitur-fiturnya telah diluncurkan dengan rilis stabil terbaru.

Setelah update terbaru, admin Channel akan mendapat akses untuk menghosting obrolan suara. Untuk melakukannya, admin harus membuka profil grup atau channel mana pun, ketuk ikon menu tiga titik, lalu pilih opsi “Mulai Obrolan Suara” yang baru.

Pembaruan ini juga menghadirkan fitur Recorded Chats baru yang memungkinkan admin Grup dan Channel merekam audio dari obrolan suara dan menerbitkannya di grup / saluran untuk anggota yang tidak menghadiri acara langsung. Obrolan yang direkam akan tersedia dalam Saved Messages.

Voice Chat 2.0 Telegram juga menggabungkan fitur mengangkat tangan di mana pengguna perlu “mengangkat tangan” jika mereka ingin bicara dalam forum. Fitur ini mencegah orang berbicara satu sama lain dan membajak percakapan.

Baca Juga:
Nomor Telepon Pengguna Facebook Dijual Melalui Bot Telegram

Sisi lainnya, implementasi Telegram mungkin sebenarnya lebih baik daripada Clubhouse. Pasalnya saat ini aplikasi populer tersebut hanya bisa dinikmati oleh pengguna iOS. Sedangkan Telegram sudah tersedia di iOS dan Android.

Clubhouse sendiri merupakan platform media sosial baru di mana orang dapat membentuk klub berbeda dan mendiskusikan berbagai topik. Konsep ini sama saja dengan diskusi online terbuka dengan orang-orang asing yang ada di internet.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories