Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Vivo X Fold3 Pro Meluncur Bawa Kamera ZEISS dan Fitur AI
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Vivo akhirnya merilis smartphone layar lipatnya ke pasar Indonesia. Vivo X Fold3 Pro merupakan foldable phone generasi ketiga dari perusahaan yang diluncurkan berbarengan dengan Vivo X100 Series di Indonesia, pada Rabu (12/6/2024).

Soal harga, Vivo X Fold3 Pro dibanderol Rp 26,999,000 untuk varian 16GB+16GB RAM dan 512GB ROM. Ponsel ini bisa mulai dipesan selama masa preorder 12-20 Juni 2024.

Layar utama Vivo X Fold3 Pro berjenis Foldable LTPO AMOLED yang berbentang 8,03 inci. Layar itu memiliki resolusi 2200 x 2480 pixels, HDR10+, Dolby Vision, dan kecerahan hingga 3000 nits. Sementara layar depan (cover) memiliki bentang 6,53 inci dengan jenis panel AMOLED dan rasio 1172 x 2748 pixels. Seperti layar utama, layar sekunder juga didukung refresh rate 120 Hz.

Baca Juga:
Harga Rp11 Jutaan, Vivo X100 Series Bawa Upgrade Teknologi Lensa ZEISS

Saat dibentangkan, smartphone layar lipat ini memiliki dimensi 160 x 142.4 x 5.2 mm dan bobot 236 gram. Sedangkan ketika dilipat, dimensi ponsel ini adalah 160 x 72.6 x 11.2 mm

Menyinggung durabilitas, Vivo X Fold3 Pro diklaim kuat dan tangguh di berbagai kondisi berkat integrasi desain Armor Architecture pada bodi belakang dan lapisan Armor Glass di bagian layar. Pengguna tidak perlu khawatir akan kerusakan perangkat apabila terkena benturan, guncangan, atau tekanan kuat dari lingkungan sekitar.

Hadie Mandala, Product Manager Vivo Indonesia mengatakan bahwa ponsel ini sudah mendapatkan sertifikat Reliable Foldings dari lembaga sertifikasi dan pengujian ketangguhan produk TUV Rheinland.

Dengan sertifikat itu, Vivo mengeklaim X Fold3 Pro tahan dibuka-tutup (dilipat) hingga 500.000 kali. Artinya, pengguna layar atau engsel ponsel lipat tersebut akan tetap dalam kondisi normal apabila pengguna memakainya selama 12 tahun. Hal ini berdasarkan asumsi apabila pengguna membuka-tutup X Fold3 Pro sebanyak 100 kali sehari.

"Kami memiliki engsel yang punya bobot lebih ringan 37 persen, serta kami sudah mendapatkan sertifikasi dari TUV Rheinland sehingga foldable phone kami dapat digunakan hingga 12 tahun," ujar Hadie.

Di sisi belakang, terdapat tiga lensa kamera yang terdiri dari wide 50 MP (f/1.7), periscope telephoto 64 MP (f/2.6), dan ultrawide 50 MP (f/2.0). Kemudian di depan, terdapat kamera tunggal beresolusi 32 MP. Di dalam modul kamera ini, tertera branding "ZEISS" yang menandakan kolaborasi Vivo dengan pabrikan kamera tersebut.

Baca Juga:
Akhirnya Vivo Bakal Boyong Smartphone Lipat Pertamanya ke Indonesia

Vivo X Fold3 Pro ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang memiliki arsitektur 4 nm, serta chipset eksklusif vivo V3 chip. Chip tersebut dipadu dengan RAM 16 GB dan memori internal 512 GB.

Di dalam bodi terbenam baterai 5700 mAh yang dilengkapi fitur pengecasan super cepat 100W FlashCharge dan teknologi BlueVolt Battery. Hadie menerangkan, pengisian daya dari 1-100 persen memakan waktu 42 menit saja.

Ponsel yang berjalan dengan sistem operasi Android 14 ini turut didukung Artificial Intelligence (AI) dengan memperkenalkan teknologi SmartFold AI berupa AI Note Assistant, AI Transcript Assist, and AI Global Assistant. Fitur AI Note Assistant bisa digunakan untuk meringkas teks, memformat dokumen, mengembangkan kerangka tulisan, dan mengubah nada tulisan.

Fitur AI Transcript Assist dapat mentranskrip rekaman menjadi teks dan menghasilkan ringkasan dari konten yang direkam. Sementara, fitur AI Global Translation mampu memfasilitasi terjemahan ke berbagai bahasa dengan mulus. Ketiga fitur AI dari X Fold3 Pro ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi dengan internet.

" Vivo X Fold3 Pro menjadi foldable phone pertama dari Vivo yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih baik berkat kehadiran AI. Bekerja sama dengan Google, kami menghadirkan fitur AI canggih seperti Google Gemini Pro, Google Chirp 2.0, dan Google Lens, sehingga terciptalah SmartFold AI," jelasnya.

Selain itu, smartphone flagship ini juga disempurnakan dengan Multitasking Foldable OS yang memberikan fitur-fitur tambahan, seperti Always On Display, Taskbar, Fold to Split, dan Microsoft Link to Windows.

Vivo X Fold3 Pro memiliki dua varian warna yakni Eclipse Black dan Solar White.

SHARE:

Faktor Ini yang Bikin Ponsel Lipat Semakin Bergairah di Indonesia

Masalah-masalah yang Kerap Mendera Smartphone Layar Lipat