Technologue.id, Jakarta – Sebuah celah keamanan membuat sejumlah pengguna Instagram tak aman. Platform untuk berbagi foto dan video itu telah menginformasikan pada pengguna yang terdampak bug ini kalau password akun mereka mungkin telah bocor.

Bug ini berkaitan dengan fitur pengunduhan data pengguna serta konten-konten yang mereka sudah mereka unggah di Instagram. Menurut Instagram, sejumlah user yang menggunakan tool “Download Your Data” ini telah memasukkan password-nya di URL web browser, sehingga password itu tersimpan di server Facebook.

Baca juga:

Eks CEO Instagram Indikasikan Ada yang Tak Beres di Perusahaannya

Menukil TheInformation.com (16/11/2018), perwakilan Instagram menjelaskan kalau isu ini ditemukan di internal dan hanya berdampak ke pengguna dalam jumlah yang sangat kecil. Anak perusahaan Facebook Inc. itu juga mengklaim kalau telah memperbaiki bug ini, walau tetap meminta user untuk mengganti kata sandinya sebagai langkah antisipasi.

- Advertisement -

Baca juga:

Ini Cara Memberantas Iklan Peninggi Badan yang Mengganggu di Instagram

Celah keamanan Instagram ini muncul tak lama setelah Facebook mengalami peretasan yang membuat 30 juta data penggunanya jatuh ke pihak ketiga. Hacker tersebut dapat mengakses informasi pribadi yang “dititipkan” pengguna ke Facebook, seperti nomor ponsel dan tanggal lahir pengguna. Adapun pintu masuk yang dimanfaatkan si peretas, yakni celah token akses yang berhasil dieksploitasi.

Baca juga:

Siapa Pencuri 30 Juta Data User Facebook? Ini Hasil Temuan Mereka

Ini bukanlah kali pertama Instagram memiliki bug yang membahayakan penggunanya. Agustus 2017 lalu, misalnya, bug di developer tools Instagram memungkinkan pihak tak bertanggung jawab mengakses informasi kontak, terutama email dan nomor telepon, milik akun-akun terverifikasi. Salah satu akun Instagram milik selebriti yang disebut bisa diretas adalah Selena Gomez.