Technologue.id, Jakarta – Pernahkah Anda salah kirim chat ke orang lain di WhatsApp? Kalau chat nyasar tersebut tak mengandung informasi sensitif atau pribadi dan orang yang menerima juga memaklumi kesalahan Anda sih tidak apa-apa. Namun, bagaimana kalau chat nyasar itu justru adalah sesuatu yang sangat memalukan hingga bisa mengancam keselamatan hidup dan karir Anda?

WhatsApp sepertinya sudah sadar betul akan potensi kesalahan yang dilakukan user-nya. Dalam laman FAQ-nya, mulai sekarang, aplikasi chatting dengan pengguna lebih dari 1 miliar itu telah memberlakukan fitur anyar yang memungkinkan Anda menghapus pesan tertentu yang telah terkirim ke chat grup atau user individual.

Baca juga:

Jangan Kaget, WhatsApp Business Sudah Hadir di Indonesia!

Seperti dikutip redaksi (28/10/17), ketika Anda menghapus suatu pesan yang telah Anda kirim, maka user lain akan mendapati keterangan “Pesan ini telah dihapus” pada chat tersebut. Demikian pula, jika Anda melihat “Pesan ini telah dihapus” di chat, artinya pengirim telah menghapus pesan tersebut, sehingga Anda tak bisa membaca atau membalasnya.

Baca juga:

Sering Salah Kirim Pas Chatting? Ini Solusi dari WhatsApp

Yang wajib Anda ketahui, fitur “Delete for Everyone” ini hanya mengizinkan Anda menghapus chat yang telah terkirim kurang dari tujuh menit. Setelah tujuh menit berlalu, tidak ada cara lagi bagi Anda untuk menghapus pesan tersebut.

Supaya penghapusan pesan ini berjalan dengan sukses, Anda dan rekan chatting harus sama-sama menggunakan WhatsApp versi terbaru untuk Android, iPhone, atau Windows Phone. Hal ini penting diketahui karena Anda tidak akan menerima pemberitahuan jika penghapusan pesan ini tidak berhasil.

Baca juga:

Makin Banyak Orang di Dunia Kecanduan Smartphone, Ini Buktinya

Fitur ini sendiri sebelumnya sudah diendus kehadirannya. September lalu, seorang pengguna WhatsApp Beta telah mendapati fitur ini. Sayang, belum diketahui secara pasti kapan WhatsApp merilisnya secara resmi untuk pengguna globalnya sampai hari ini.

Yang penasaran sama fitur ini, yuk buruan update aplikasi WhatsApp di perangkat mobile Anda!