HomeAppsWhatsApp Siapkan Fitur Communities, Apa Itu?

WhatsApp Siapkan Fitur Communities, Apa Itu?

Technologue.id, Jakarta – Whatsapp dikabarkan tengah menyiapkan fitur terbaru bernama Communities (komunitas). Situs XDA Developers pertama kali melihat bocoran fitur tersebut pada bulan Oktober, dan saat ini WABetainfo melihat temuan serupa.

Melansir The Verge, Senin (8/11/2021), fitur Communities akan memberikan admin grup lebih banyak kekuasaan, termasuk kemampuan untuk membuat grup dalam grup.

Baca Juga:
WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru, Bisa Apa?

Hal lainnya yang mungkin admin dapat lakukan adalah mengundang pengguna baru melalui Tautan Undangan Communities dan kemudian mengirim pesan ke anggota lain.

Dari segi keamanan, WABetaInfo melaporkan fitur di WhatsApp ini telah dienkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encrypted). Hal itu berarti bahwa hanya pengguna yang sedang berkomunikasi yang dapat membaca pesan tersebut.

Untuk membedakan dengan grup komunitas yang sudah ada pada WhatsApp sebelumnya, WABetaInfo menjelaskan bahwa kemungkinan desain untuk komunitas ini akan cukup berbeda dengan grup yang sudah terdapat pada fitur WhatsApp.

Dari segi tampilan tampaknya ada sedikit perubahan yang membedakan antara Communities dengan grup biasa.

Baca Juga:
WhatsApp Luncurkan Fitur End-to-end Encryption Backup, Begini Cara Aktifkannya

Seperti yang ditunjukan WABetainfo, ikon Communities akan berbentuk kotan dengan sudut yang membulat. Berbeda dengan grup biasa yang berbentuk lingkaran.

Hingga saat ini, pihak WhatsApp belum mengklarifikasi mengenai fitur komunitas tersebut dan kapan akan diluncurkan secara resmi.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More