Windows 11 Bisa Instal di Perangkat Lawas, Begini Caranya

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Microsoft merevisi ketentuan spesifikasi minimum perangkat yang bisa menjalankan Windows 10 agar bisa menginstal Windows 11 secara gratis.

Revisi ini datang setelah sejumlah pengguna mengeluh PC mereka yang relatif baru tak kompatibel untuk melakukan pembaruan ke Windows 11.

Baca Juga:
Komputer “Kentang” Dipastikan Tak Bisa Install Windows 11

Akan tetapi, pengguna yang masih memakai perangkat lama tidak secara otomatis bisa memperbarui ke Windows 11. Pengguna mesti melakukan secara manual untuk mengunduh file ISO Windows 11.

File ISO adalah file arsip yang merupakan salinan identik data atau salinan apapun yang tersimpan di disk optik (optical disk) seperti CD, DVD atau Blu-ray.

Ini sangat berguna untuk PC yang memenuhi persyaratan sistem Windows 11, seperti PC yang menjalankan CPU Intel Core generasi ke-6 atau ke-7 atau prosesor AMD Ryzen generasi ke-1, sebagaimana dilansir Fuentitech (30/8/2021).

Meski begitu, Microsoft tidak menjamin bahwa file ISO tidak kompatibel dengan driver maupun sistem secara keseluruhan.

Perusahaan tidak akan merekomendasikan atau mengiklankan cara instal Windows 11 versi ISO ini kepada konsumennya.

Spesifikasi minimum yang ditetapkan Microsoft sebelumnya banyak berkaitan dengan kebutuhan keamanan dan performa laptop. Seperti misal ketentuan PC harus mendukung TPM 2.0 memang banyak diprotes, tapi menurut Microsoft fitur ini penting untuk mendukung keamanan PC.

Baca Juga:
Windows 11 Beta Meluncur, Begini Cara Download-nya

“Windows 11 meningkatkan standar keamanan dengan memerlukan perangkat keras yang dapat mengaktifkan perlindungan seperti Windows Hello, Enkripsi Perangkat, keamanan berbasis virtualisasi (VBS), integritas kode yang dilindungi hypervisor (HVCI) dan Boot Aman. Kombinasi fitur-fitur ini telah terbukti mengurangi malware hingga 60 persen pada perangkat yang diuji,” jelas perusahaan teknologi itu seperti dikutip Windows Central.

Microsoft juga mengatakan syarat menginstal Windows 11, hanya berlaku untuk perangkat yang bisa menggunakan prosesor Intel generasi ke-8 atau lebih tinggi.

Namun kini chipset seperti Intel Core X-series, Xeon W-series, dan Intel Core 7820HQ yang ada di Surface Studio 2 kini bisa mendukung upgrade ke Windows 11.

Sayang, perubahan ini tidak berlaku untuk CPU yang menggunakan prosesor AMD Zen generasi pertama.

- Advertisement -

Latest News

Related Stories