Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Wow, Goodyear Berhasil Kembangkan Ban Pintar
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - The Goodyear Tire & Rubber Company (Goodyear) dikabarkan berhasil mengembangkan konsep ban pintar. Menggunakan teknologi sensor teranyar, ban pintar besutannya diklaim mampu menjaga performa dan keamanan dalam berkendara. Dalam keterangan tertulis pada Jumat (6/3/2020), Chris Helsel, Chief Technology Officer Goodyear mengatakan, "Goodyear berhasil mengembangkan konsep ban pintar yang telah teruji sejauh 4,8 juta kilometer dari data uji cobanya di jalan."

Baca Juga: Canon Pamer Kamera Khusus Low Light dengan ISO 4 Juta

Pada ban tersebut, Goodyear menyematkan sensor yang mampu memberitahu dan terhubung antara kendaraan dan medan jalan. Selain itu sensor tersebut juga dapat mengukur karakteristik ban sehingga dapat mengkalkulasikan potensi dari performa kendaraan dan keamanannya. "Ban pintar ini mampu mengukur tingkat keausan ban, beban, inflasi dan suhu permukaan jalan. Secara langsung, ban tersebut memungkinkan kendaraan untuk menyesuaikan, merespon, mengukur, dan mengoptimalkan kinerja dari kendaraan tersebut," ujar Chris. Goodyear mengklaim telah membuktikan bahwa ban pintar miliknya mampu mengoptimalkan pengurangan jarak henti hingga 30% dibandingkan ban lain. Dengan adanya evolusi pada kendaraan elektrik dan otonom, ban yang terhubung ini memberi dampak pada jarak henti sehingga kepentingan komunikasi ban dengan kendaraan akan semakin meningkat.

Baca Juga: Roket Starship SN1 Meledak Saat Uji Coba

Chord menambahkan, "sistem yang terkoneksi dan kecerdasan yang dimiliki oleh ban ini secara berkelanjutan dapat mengukur dan mencatat informasi dari ban tersebut yang kemudian dihubungkan dengan data dari kendaraan. Data-data tersebut langsung terhubung di dalam cloud Algoritma milik kami." Meski begitu, ban pintar ini masih belum dapat dimiliki oleh para konsumen. Goodyear menyebut akan terus melakukan uji coba bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pembuat kendaraan, startups, dan lainnya, untuk dapat terus mengembangkan dan menyempurnakan produk tersebut.

SHARE:

Masalah Lagi, Tesla Tunda Pengiriman Cybertruck ke Konsumen

Apple Ingin iPhone, Watch dan MacBook Pro Tampil Lebih Tipis