Technologue.id, Jakarta – Kecerdasan artifisial makin aplikatif saja hari demi hari. Salah satu platform terkenal yang mengadopsi teknologi ini adalah Google Photos. Nah, informasi terbaru yang redaksi dengar, platform photo sharing dan cloud storage itu sudah mempercanggih fitur face recogniton-nya.

Menukil situs resmi Google (16/10/17), kini Google Photos sudah bisa mengenali wajah hewan Anda. Jadi, akan ada folder berisi sekumpulan kucing dan anjing Anda di samping foto selfie Anda serta teman atau saudara.

Baca juga:

Update Terbaru Google Photos Berpotensi Rugikan User, Kok Bisa?

Anda pun bisa melabeli foto hewan tersebut dan mencarinya lebih mudah. Tak perlu lagi mengetik “dog” atau “cat” untuk mencari foto-foto peliharaan Anda yang lucu-lucu, tapi langsung saja ketik nama mereka. Membuat animasi, video, atau photo book dan kompilasi foto pun bisa semudah biasanya.

Wow, Google Photos Makin Cerdas! Bukan Cuma Manusia yang Dianalisis!
AI Google Photos kini bisa mengenali wajah hewan (source: Google)

Baca juga:

Kecerdasan Google Pixel 2 yang Satu Ini Bisa Selamatkan Nyawa Anda

Dengan update ini, Anda tak lagi melihat label “People” di Photos, tetapi juga “People & Pets”. Google menyatakan telah mulai menggulirkan fitur ini pada Senin waktu setempat ke banyak negara. Silakan coba update aplikasi Photos di gawai Anda kalau tak sabar ingin mencobanya.

Baca juga:

Kelebihan Utama Essential Phone Justru Bisa Jadi Kerugian Besar

Sekadar informasi, aplikasi yang sudah digunakan lebih dari 500 juta orang ini sebelumnya juga menghadirkan satu fitur baru, yakni penyimpanan cache video dalam perangkat yang memutarnya. Alhasil, Anda bisa memainkan video dari Photos untuk yang kedua kali lebih cepat karena cache video telah tersimpan di tablet atau smartphone Anda. Namun, pembaruan ini membawa konsekuensi, yakni konsumsi memori internal jadi meningkat.