Technologue.id, Jakarta – Sepertinya, Anda salah kalau meremehkan Huawei Mate 10. Gawai yang baru diresmikan pekan ini bersama Mate 10 itu ternyata memiliki kamera yang amat mumpuni, bahkan lebih baik dari flagship kekinian bikinan Samsung dan Apple.

Perlu diketahui dulu, bukan orang atau organisasi biasa lho yang memberikan pengakuan tersebut, melainkan DxOMark. Badan profesional yang telah menguji teknologi kamera dan lensa selama bertahun-tahun itu menyematkan skor overall 97 untuk performa kamera utama Mate 10 Pro (20/10/17).

Skor itu mengalahkan iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8 yang sama-sama diganjar nilai 94. Sementara iPhone 8 berada di bawah keduanya dengan skor 92 saja.

Baca juga:

Layarnya Bisa Ditekuk Jadi Dua, Begini Kerennya ZTE Axon M

Yang cukup mencengangkan, skor foto DxOMark Mobile dari Mate 10 Pro mencapai 100, dengan pujian semacam penangkapan detail yang apik, walaupun dalam kondisi low-light, dan noise yang rendah. Target exposure, wide dynamic range, detail dalam 2x zoom, serta bokeh yang dihasilkan Mate 10 Pro juga diacungi jempol.

Baca juga:

JD.ID: Kami Sedang Buru Dalang di Balik Pembuat Situs Palsu

Kelemahan dari gadget 6 inci itu yang dicatat DxOMark “hanyalah” adanya ketidakstabilan exposure sesekali saat menjepret beruntun dan terkadang artifact muncul ketika memotret langit.

Baca juga:

Samsung Galaxy Tab Active 2, Tablet Canggih nan Tangguh untuk Eksmud

Sebagai informasi, Huawei membekali Mate 10 Pro dengan kamera ganda 20MP + 12Mp di bagian belakang dengan OIS, dual-LED flash, serta aperture f/1.6. Untuk kamera depan, gawai yang sudah memakai Android 8.0 Oreo on the box itu menggunakan 8MP dengan f/2.0.
Jeroan lain dari gawai yang dibanderol Rp13 juta ini di antaranya: bodi anti-air prosesor Kirin 970 Octa-Core, opsi RAM dan ROM 4GB/64GB serta 6GB/128GB, plus baterai berkapasitas 4.000mAh.