JD.ID: Kami Sedang Buru Dalang di Balik Pembuat Situs Palsu

Technologue.id, Jakarta – Meningkatnya minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online ternyata dibarengi dengan potensi mengerikan. Kasus yang belakangan sedang beken di kalangan customer mall online adalah penipuan yang mengatasnamakan pihak e-commerce.

Redaksi sebenarnya sempat membahas hal ini beberapa waktu lalu dengan perwakilan startup jual-beli barang bekas, Prelo. Memang ada beberapa user Prelo yang ditipu oleh seller nakal. Pun dengan e-commerce ternama lain seperti Bukalapak.

Baca juga:

Lewati Lazada dan Tokopedia, E-Commerce Ini Jadi yang Terpopuler di Indonesia

Yang terbaru, JD.ID kini juga ikut kebakaran jenggot. Perusahaan e-dagang yang terafiliasi dengan JD.com asal Tiongkok itu menemukan bahwa belakangan ini ada pihak-pihak tak bertanggung jawab yang membuat situs palsu menyerupai JD.ID.

Diketahui, beberapa situs palsu yang menyerupai JD.ID telah beredar di internet. Website palsu itu bahkan berani memajang beberapa produk yang akrab ditemui di JD.ID, seperti ponsel dan laptop, dengan harga yang sangat miring.

Baca juga:

Bukan Baju Atau Gadget, Justru Ini Produk Terlaris di ShopBack

“Kami sedang melakukan investigasi terkait dalang di balik pembuat situs JD.ID palsu tersebut bekerja sama dengan Kepolisian. Kami juga saat ini sedang fokus pada pencegahan munculnya korban penipuan dengan melakukan edukasi melalui media sosial, surel, maupun pemberitahuan di situs resmi JD.ID,” aku Teddy Arifianto, Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID, pada redaksi (17/10/17).

Baca juga:

Awas, Modus Penipuan E-commerce ini Masih Marak Terjadi!

JD.ID pun telah melapor ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Upaya pemblokiran terhadap situs-situs yang dilaporkan oleh JD.ID pun juga sudah dilakukan.

Sebagai jaga-jaga, Anda baiknya berbelanja di platform resmi e-commerce yang Anda percaya. Jangan sampai, misalnya, mentransfer ke rekening atas nama pihak lain selain e-commerce tersebut. Jika ragu atau mencurigai penjual serta barang tertentu, silakan lapor ke layanan pelanggan yang biasanya tersedia di laman Contact Us website itu.

 

Recent Articles

Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pascals Wager

Technologue.id, Jakarta - Ketika Pascal's Wager pertama kali diluncurkan di AppStore pada Januari, pengguna Apple disuguhi ARPG 3D yang paling menantang.

Samsung Galaxy Note 20 Ultra Bocor, Ini Penampakannya

Technologue.id, Jakarta - Samsung tak sengaja memamekan seri flagship terbarunya, Galaxy Note 20 Ultra dalam situs resmi perusahaan versi Rusia. Kebocoran ini...

Jadwal Tayang Mulan Diundur ke Agustus

Technologue.id, Jakarta - Kegembiraan tentang pemutaran film baru menghilang dengan cepat, seiring dengan kasus COVID-19 yang kembali meningkat dan khawatir dengan risiko...

Lima Senjata yang Cocok untuk Bermain Rusher dan Agresif di Free Fire

Technologue.id, Jakarta - Senjata, karakter, dan gaya permainan akan menjadi faktor yang menentukan kemenangan di Free Fire. Khususnya senjata, bisa jadi penentu...

FCC Amerika Putuskan Huawei dan ZTE Ancaman Keamanan Nasional

Technologue.id, Jakarta - Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat secara resmi menyatakan bahwa Huawei dan ZTE adalah ancaman bagi keamanan nasional Amerika.

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here