Technologue.id, Jakarta – Pamor masker pelindung kian mentereng lantaran maraknya penyebaran virus corona. Bahkan, merek dagang yang lebih dikenal sebagai produsen ponsel, Xiaomi sampai mengajukan paten masker pintar.

Dilansir dari Gizchina pada Kamis (20/2/2020), paten tersebut diajukan ke United States Patent and Trademark Office (USPTO). Deskripsi paten mengungkapkan bahwa masker pintar Xiaomi akan dilengkapi dengan unit komputasi.

Baca Juga:
Masker Laku Keras, Website Xiaomi Youpin Sempat Tumbang

Pada masker tersebut, akan disematkan prosesor untuk menghitung semua data yang dikumpulkan oleh sensor. Sensor pada masker ini akan merekam data seperti total waktu pemakaian, penyerapan polusi, volume pernapasan, dan lainnya.

Data itu kemudian akan disimpan di memori atau bisa juga ditransfer dengan modul koneksi. Nantinya akan ada aplikasi pendamping yang akan mengirim rekaman data secara real-time berisi informasi kualitas udara dan sebagainya.

Tidak sampai disitu, Masker pintar Xiaomi juga dapat mendeteksi masalah pernapasan dan akan merekomendasikan solusinya melalui aplikasi pendamping.

Baca Juga:
Pemerintah Jepang Bagi-bagi iPhone di Tengah Wabah Corona

Namun perlu diingat kembali, itu semua hanyalah sebatas paten dari Xiaomi. Vendor ponsel tersebut juga belum memberikan komentar terkait rencana peluncuran produk tersebut di pasaran dan sepertinya masih membutuhkan waktu untuk itu.

Xiaomi sendiri lewat anak perusahaannya, Youpin telah menjual masker pelindung dan laku keras. Bahkan, lantaran membludaknya permintaan masker tersebut, website resmi Youpin sempat tumbang.