Technologue.id, Jakarta – Xiaomi mengumumkan pencapaiannya sepuluh juta smartphone produksi lokal untuk pasar Indonesia. Angka produksi 10 juta unit ini dihitung sejak Xiaomi secara resmi mematuhi ketentuan regulasi TKDN pada Februari 2017, dengan smartphone pertama yang diproduksi secara lokal, Redmi 4A.

Pabrik Xiaomi terletak di PT Sat Nusapersada, Batam, mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan lokal untuk operasional sehari-hari, mulai dari perakitan, pengemasan, hingga pengontrolan kualitas.

Baca Juga:
Permintaan Tinggi, Xiaomi Tambah Produksi Mi 9 dan Mi 9 SE

Sejalan dengan misi mempercepat ekspansi pasar, vendor ponsel asal Tiongkok itu berambisi untuk mengembangkan bisnis dengan tidak hanya berfokus pada teknologi dan inovasi, tetapi juga memastikan kesejahteraan karyawan dan mengembangkan kinerja mereka melalui beberapa program akselerasi, seperti pelatihan bahasa, pelatihan komputer, dan berbagai pelatihan keterampilan non-teknis (soft skill).

- Advertisement -

Inisiatif-inisiatif ini meningkatkan daya saing karyawan Xiaomi yang tidak hanya berkontribusi pada penemuan inovasi baru yang bermanfaat bagi konsumen, tetapi juga akan meningkatkan pengembangan daya saing masyarakat secara umum.

“Pencapaian sepuluh juta produksi lokal ini membuktikan bahwa Xiaomi berkembang semakin kuat di pasar Indonesia, yang tidak terlepas dari peran penting Mi Fans, karyawan, mitra, dan konsumen yang turut andil dalam peningkatan positif Xiaomi di Indonesia,” ujar Steven Shi, Head of Southeast Asia and Country Head, Xiaomi Indonesia.

Baca Juga:
Xiaomi Bakal Posisikan Lini Redmi Menjadi Flagship?

Xiaomi dikenal sebagai perusahaan yang sangat dekat dengan para penggemarnya, yaitu Mi Fans, melalui forum, media sosial maupun pertemuan langsung. Komunitas Mi Fans menjadi bagian penting dalam kesuksesan perusahaan dan kerap diikutsertakan dalam berbagai keputusan terkait produk Xiaomi.

Pertumbuhan Komunitas Mi Fans di Indonesia ini begitu luar biasa dan telah mencapai lebih dari 1 juta anggota hanya dalam jangka waktu satu tahun.

Pada tahun 2019, dengan visi untuk terus menjadi produsen smartphone andalan, Xiaomi berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnisnya bersama dengan para mitra strategis. Saat ini, Xiaomi telah memiliki lebih dari 40 Authorized Mi Store di seluruh Indonesia, memiliki platform Mi.com, serta bermitra dengan Lazada, Blibli, Shopee, JD.ID, dan Akulaku untuk menghadirkan kanal penjualan resmi secara online untuk menjangkau distribusi produk yang merata.