Technologue.id, Jakarta – Anda yang membenci atau sudah mulai membenci desain smartphone dengan notch ala-ala iPhone X, tahun ini kemungkinan akan jadi tahun yang memuakkan bagi Anda. Pasalnya, makin banyak saja vendor yang seakan terinspirasi oleh iPhone X.

Setelah Asus dengan ZenFone 5Z-nya, produsen Android berikutnya yang diyakini bakal menyediakan ponsel dengan notch adalah Xiaomi. Dari kode dalam firmware MIUI, XDA menemukan ada elemen penanda bahwa perangkat yang diisukan adalah Mi 7 itu, misalnya build property “ro.miui.notch” yang diatur ke “1” alias true di build.prop.

Baca juga:

Spesifikasi Xiaomi Mi Mix 2S Terungkap dalam Teaser Resminya

- Advertisement -

Selain Xiaomi, perangkat Android lain yang terendus mengusung notch adalah OnePlus. Juga menurut XDA, terdapat template desain prototipe OnePlus 6 dengan space menghitam di bagian atas mirip seperti notch.Bocoran ini didapat dari file firmware dalam OxygenOS Open Beta 4.

Baca juga:

Asus ZenFone 5Z, Flagship Android Terbaru dengan Fitur Ala iPhone X

Melansir AndroidCommunity.com (12/03/2018), bocoran ini memang bukanlah bukti nyata kalau bakal gawai Xiaomi serta OnePlus tersebut memiliki notch. Walau begitu, pertanda seperti ini diyakini beberapa orang cukup menjadi bukti betapa kurang kreatifnya vendor Android sekarang.

Baca juga:

Huawei P20 “Curi” Ciri Khas iPhone X?

Menurut Anda, apakah tren smartphone dengan notch ini sudah cukup memuakkan? Atau strategi seperti ini justru dirasa bagus untuk memperbanyak opsi konsumen yang mengincar iPhone X di pasaran?