Technologue.id, Jakarta – Sejak dirilis pada pertengahan tahun 2019 lalu, pendistribusian sistem operasi Android 10 masih terus berlanjut. Tak cuma untuk yang baru, tetapi juga untuk jajaran smartphone yang sudah tergolong lama, seperti Xiaomi Mi 8.

Mengutip dari GSMArena (08/01/20), Xiaomi dilaporkan mulai mendistribusikan sistem operasi Android 10 untuk Mi 8. Dan ini adalah perangkat terakhir yang mendapatkan pembaharuan tersebut. Ini artinya, smartphone yang lebih lama dari Mi 8 kemungkinan tak lagi bisa mencicipi Android 10.

Baca Juga:
Xiaomi Boyong Mi Note 10 Pro dengan Kamera 108 MP, Harganya?

Untuk Mi 8 sendiri, Android 10 datang bersamaan dengan MIUI versi 11.0.1.0. Agar bisa terinstall dengan mulus, setidaknya pengguna harus memiliki ruang sekitar 2 GB untuk bisa menampungnya pada memori internal.

Soal fiturnya, Android 10 pada Mi 8 mengadopsi beberapa fitur asli dari Google, seperti dark mode, kontrol privasi yang lebih baik, beserta kestabilan sistem yang lebih baik. Tak ketinggalan, kali ini Xiaomi juga menyematkan security patch bulan Desember untuk menambal celah keamanan.

Baca Juga:
Saingi Imoo, Xiaomi Rilis Jam Tangan Pintar untuk Anak

Hingga saat ini, belum diketahui apakah firmware terbaru yang sudah berbasis Android 10 itu sudah bisa dinikmati oleh pengguna Mi 8 di Indonesia atau belum. Namun yang pasti, Xiaomi sudah menggulirkannya dalam versi global.