Technologue.id, Jakarta – Perkembangan lensa kamera dalam sebuah smartphone belum usai. Huawei dan Oppo belum lama ini berhasil menyematkan lensa periskop di dalam sebuah smartphone melalui P30 Pro dan Reno 10X Zoom. Di sisi lain, Xiaomi pun tak tinggal diam.

Baca Juga:
Xiaomi Redmi 6 dan 6A Segera Dapat Android Pie

Mengutip dari GizmoChina (08/07/19), Xiaomi dikabarkan baru saja berhasil membuat paten untuk sebuah teknologi lensa periskop. Melalui lembaga paten di Tiongkok, Xiaomi dilaporkan mendapatkan nomor aplikasi CN201822150093.2 untuk kategori komponen kamera dan perangkat elektronik.

Paten tersebut ternyata diajukan dari tahun lalu, yakni tepatnya pada tanggal 20 Desember 2018. Dan beberapa waktu lalu proses pembuatan patennya sudah selesai, pada 2 Juli 2019.

Baca Juga:
Sasar Kawula Muda, Xiaomi Mi CC9 Usung Desain Box Trendy

Melalui paten tersebut, Xiaomi menunjukkan adanya skema penggunaan lensa-lensa utama serta sedikitnya satu lensa periskop tambahan sebagai pendukung dalam sebuah smartphone. Tak cuma itu, mereka juga memberikan berbagai perhitungan matematis soal tata letak dan desain dari lensa periskop tersebut.

Hingga saat ini, Xiaomi sendiri belum memberikan kisi-kisi sebenarnya smartphone apa yang nantinya akan memiliki lensa periskop sebagai pendukung disamping lensa kamera utama. Meski begitu, ada beberapa spekulasi yang menduga kalau Mi Mix 4 adalah salah satu yang pertama mengadopsi teknologi tersebut.