Technologue.id, Jakarta – Sukses di pasar ponsel pintar bukan berarti Xiaomi enggan melirik pasar feature phone. Produsen ponsel seri Redmi ini baru saja menelurkan seri feature phone yang disebut Qin. Qin adalah perangkat crowdfunded, yang dirancang oleh Xiaomi, dan tiba dengan beberapa kemampuan kecerdasan buatan (AI) dan radio 4G. Proyek ini diikuti oleh lebih dari 23.000 orang, dengan total nominal pre-order sebesar CNY6,5 juta (Rp13 miliaran)

Ada dua model Qin series yang dipersiapkan menyasar pasar low-end, yaitu Qin 1 dan Qin 1s. Keduanya sama-sama mengemas layar 2,8 inchi dengan resolusi 240 x 320 piksel, bersama dengan tombol alfanumerik dalam tubuh 132 x 53,8 x 8,5 mm. Dan juga, ada slot ganda untuk SIM mikro.

Baca juga:

Xiaomi-Google Klaim Performa Mi A1 di Pasaran Memuaskan

Spesifikasi Qin 1 memang tergolong sederhana. Dihimpun dari youpin.mi.com, ia memiliki chipset MediaTek MT6260A dengan satu inti CPU ARM7, RAM 8 MB, dan memori internal 16 MB. Ponsel ini tidak memiliki GPS atau LTE, tetapi memiliki kemampuan Wi-Fi dan Bluetooth 4.2. Qin 1 mengusung sistem operasi proprietary disebut Nucleus dan baterai 1.480 mAh-nya diklaim mampu bertahan selama 15 hari.

- Advertisement -

Baca juga:

8 Smartphone Xiaomi Ini Sudah Bisa Nikmati MIUI 10

Sementara itu, Qin 1s hadir dengan chipset Spreadtrum SC9820 dengan dua-core Cortex-A53 pada 1,2 GHz. Selain itu, ada RAM 256 MB dan penyimpanan 512 MB. Konektivitas di ponsel ini termasuk VoLTE, GPS, Wi-Fi, Bluetooth 4.2. Baik Qin 1 maupun Qin 1s memiliki pengisi daya USB-C dan kisi-kisi speaker di bagian bawah.

Baca juga:

Xiaomi Luncurkan Jam Analog Hibrida, Ini Kehebatannya

Jika spesifikasi di atas terlihat seperti sesuatu yang hilang, itu adalah kamera. Ponsel Qin tidak memiliki kamera di bagian belakang atau depan. Juga tidak ada jack audio, jadi ucapkan selamat tinggal untuk mendengarkan musik saat bepergian.

Ponsel Qin tersedia dengan opsi warna hitam atau putih, dengan harga CNY 199 atau sekitar Rp420 ribuan. Pengirimannya akan dimulai pada 15 September mendatang.