Technologue.id, Jakarta – Untuk mendorong perkembangan Internet of Things atau IoT, XL Axiata (XL) membangun pusat teknologi IoT yang dinamakan X-Camp. Program tersebut bertujuan menggenjot ekosistem dari IoT.

Lokasi X-Camp berada di kantor XL Axiata Tower lantai 20. Laboratorium IoT ini akan mulai efektif beroperasi di pertengahan November 2018. Beberapa kegiatan yang dilakukan dalam program ini adalah mentoring dan boot camp oleh pakar di bidang IoT, akses jejaring bagi startup, pengembang, dan sistem integrator bersama pelaku industri.

Baca juga:

Garap Bisnis IoT, XL Axiata Kenalkan Produk Platform FLEX IoT

Dian Siswarini, CEO & Presiden Direktur XL Axiata mengatakan, X-Camp akan menjadi salah satu wadah terdepan yang proaktif terhadap ide-ide yang muncul lalu mewujudkannya menjadi IoT solutions.

“Setiap industri dan individu memiliki requirement yang berbeda-beda. Selain dibuka untuk app developer, X-Camp juga menjadi tempat pertemuan stakeholder yang termasuk dalam ekosistem IoT,” tuturnya, saat meresmikan X-Camp di XL Axiata Tower, Jakarta, Selasa (13/11/2018).

Interface dari AirCare (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Baca juga:

Trafik Data di Jateng Melonjak, XL Axiata Janji Tingkatkan Kualitas Layanan

Solusi IoT yang sudah digunakan termasuk diantaranya Fleetech, Flex IoT, dan XL Hajj. Ada pula bike sharing dari Kayuh dan AirCare.

Suasana di dalam X-Camp (Choiru Rizkia / Technologue.id)

Dikatakan Yessie D. Yosetya, Direktur Teknologi XL Axiata, X-Camp merupakan satu-satunya Lab IoT yang tergabung di GSMA Lab Alliance di Kawasan Asia Tenggara.

“Dengan konsep IoT open lab dan bermacam fasilitas, X-Camp menjadi lab terlengkap yang dimiliki oleh operator di Indonesia. Selain itu juga keuntungan sertifikasi GSMA Mobile IoT Open Lab ini, kita bisa ikut pengembangan keahlian dan kapabilitas, pertukaran informasi dan kerjasama antar anggota, serta menyediakan akses pasar bagi produk IoT hasil X-Camp ke luar negeri,” kata Yessie.

Baca juga:

Telkomsel Bangun Lab IoT Dorong Penguatan Ekosistem

Dalam melakukan training, X-Camp menjalin kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, antara lain Universitas Gajah Mada, Universitas Brawijaya, Politeknik Negeri Semarang, dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

Pada kesempatan ini, X-Camp juga turut diresmikan oleh dua menteri terkait, yaitu Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara.

Kedua menteri itu menyatakan dukungannya terhadap pembukaan lab IoT dari XL Axiata ini. Seperti yang disampaikan oleh Menperin Airlangga.

“Saya sangat mendukung IoT Innovation Center karena akan mendorong revolusi industri 4.0. Dari sepuluh prioritas nasional untuk Making Indonesia 4.0, operator seperti XL Axiata di challenge untuk mempersiapkan infrastrukturnya. Karena akan ada 400 juta sensor sampai tahun 2030,” tandas Airlangga.