Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
XL Axiata Ikut Andil dalam Kompetisi IoT Terbesar di Indonesia
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – XL Axiata terus berupaya memajukan industri Internet of Things (IoT) di Indonesia. Setelah membangun X-Camp, anak perusahaan Axiata dari Malaysia ini turut mendukung penyelenggaraan ajang kompetisi IoT terbesar "Republic of IoT 2018" (RIoT) di Jakarta. Sebanyak 30 tim terpilih dari seluruh Indonesia menampilkan proyek IoT potensial asli Indonesia. Dukungan perusahaan atas RIoT 2018 ini merupakan bagian dari upaya dalam mengembangkan bisnis IoT. Apalagi melihat potensi besar yang dimiliki oleh para developer lokal Indonesia dalam mengembangkan IoT.

Baca juga:

XL Axiata Buka Laboratorium Khusus IoT, Sertifikasi GSMA Lab Alliance

"Kami berharap banyak melalui RIoT 2018 kami akan bisa mendapatkan gambaran yang lebih pasti mengenai kemampuan dan potensi para developer Indonesia. Tentu juga akan sangat menyenangkan jika ada peluang bekerja sama dengan para developer lokal dan meraih sukses bersama di masa mendatang,” ujar Kiril Mankovski, Chief Enterprise & SME Officer XL Axiata. Republic of IoT 2018 merupakan perhelatan Internet of Things terbesar di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Makestro dan Infia Pariwara, berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, serta didukung penuh oleh XL Axiata melalui XL Business Solutions.

Baca juga:

XL Axiata Telah Cetak 750 SDM Unggul untuk Era Digital

XL business solutions pun menghadirkan beragam inovasi produk dan layanan yang diharapkan dapat mendukung perkembangan IoT di Indonesia, terutama dalam pengembangan Eco-system IoT di Indonesia. XL Axiata menghadirkan kesiapan infrastruktur NB-IoT; X-camp sebagai laboratorium developer IoT dalam berinovasi dan sekaligus sebagai wadah untuk dipertemukan dengan pihak investor maupun pihak bisnis lainnya; dan FlexIoT sebagai platform bagi para developer IoT dalam membangun inovasi-inovasi IoT-nya secara efektif dan efisien. Pada RIoT 2018 ini peserta diminta untuk membuat solusi berbasis IoT dari berbagai topik, yaitu: agrikultur, logistik, energi dan utilitas, industrial IoT, keamanan, kesehatan, fintech, building automation, fleet management, dan transportasi. Solusi-solusi yang dihasilkan diharapkan dapat direalisasikan dan bernilai-guna untuk masyarakat dan industri untuk mendukung program pemerintah Making Indonesia 4.0.

Baca juga:

XL Axiata Beri Edukasi Pemanfaatan Internet untuk Pendidikan Anak

Karya dari 30 tim dinilai oleh tim penjurian yang selanjutnya memilih 3 tim untuk dinobatkan sebagai juara dan 1 tim favorit. Berdasarkan penilaian juri, pemenang pada RIoT 2018 masing-masing adalah: Pictafish dari Malang, Ultrafarming dari Banda Aceh, dan Disteam dari Malang. Sementara tim Favorit dimenangkan oleh Mahapati dari Bali. Hadiah untuk pemenang berupa uang tunai, pemenang juga berkesempatan mengembangkan karyanya lebih lanjut dan mendapat bimbingan serta inkubasi di X-Camp (Lab Inovasi IoT XL)

SHARE:

Kena Bobol, Operator Seluler Ini Reset Passcode 7,6 Juta Pelanggan

Intip Kesiapan Operator Seluler Hadapi Lonjakan Trafik Mudik Lebaran 2024