Technologue.id, Jakarta – XL Axiata serius menggarap program terkait pemberdayaan para nelayan di Indonesia. Setelah sebelumnya digelar di sejumlah daerah, awal tahun ini XL menyambangi Indramayu, Jawa Barat, untuk melanjutkan program sosialisasi tersebut.

Program itu berbentuk pelatihan penggunaan aplikasi digital Laut Nusantara. Tujuannya agar para nelayan melek digital, dan bisa memanfaatkan teknologi untuk lebih meningkatkan produktivitas dan keamanan selama melaut.

Rd. Sofia Purbayanti, Group Head Central Region XL Axiata, mengatakan, “Tujuan kami tidak hanya membuat (aplikasi) saja, tetapi bisa benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya akan membantu memperbaiki kualitas hidup mereka. Karena itu, kami juga memiliki program sosialisasi langsung kepada masyatakat nelayan di berbagai daerah, termasuk di Indramayu, Jawa Barat.”

Baca Juga:
XL Axiata Gandeng TIBCO Perkuat Inisiatif Data Science

- Advertisement -

Pada program sosialisasi ini tim dari XL Axiata mengajarkan langsung penggunaan aplikasi Laut Nusantara kepada para nelayan. Tidak lupa, kepada mereka juga diberikan pemahaman mengenai manfaat dari pemanfaatan teknologi digital untuk membantu meningkatkan hasil tangkapan ikan di laut, sekaligus memastikan keamanan mereka dalam bekerja.

Salah satu fitur yang dibutuhkan banyak nelayan adalah petunjuk lokasi tempat ikan berada. Selama ini para nelayan (tradisional) lebih banyak mengandalkan pengalaman serta insting saja ketika menentukan lokasi penangkapan ikan.

Aplikasi ini bisa dipergunakan oleh nelayan saat melaut sejauh smartphone mereka masih bisa menangkap sinyal data dari operator. Berdasarkan ujicoba di sejumlah daerah, aplikasi masih bisa dibuka hingga jarak 10 mil dari pantai. Jarak ini masih sangat relevan mengingat nelayan kecil, dengan perahu berjungkung dan bentuk perahu tradisional berukuran kecil lainnya memiliki daya jangkau rata-rata kurang dari 20 mil laut.

Baca Juga:
XL Axiata Ikut Andil dalam Kompetisi IoT Terbesar di Indonesia

Pelatihan di Indramayu ini diikuti sedikitnya 100 nelayan. Mereka yang mengikuti pelatihan ini, diharapkan bisa menularkan ilmunya kepada nelayan lain, yang tidak sempat ikut pelatihan. Dengan demikian, aplikasi Laut Nusantara bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang lebih luas. Aplikasi ini sendiri bisa diunduh di Play Store secara gratis.

Bersamaan dengan pelatihan tersebut, XL Axiata juga menyerahkan donasi perangkat smartphone yang sudah dilengkapi dengan aplikasi Laut Nusantara dan paket data dan telpon selama 1 bulan.