Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
YouTube Akan Setop Iklan Overlay yang Mengganggu
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - YouTube, platform video terbesar di dunia, akan menghapus iklan overlay atau hamparan yang sering mengganggu saat video diputar mulai 6 April 2023.

Fitur ini sering mengaburkan sebagian video dan mengganggu pengalaman menonton pengguna. Iklan overlay biasanya muncul di bagian bawah video dan menutupi hampir seluruh tampilan saat pengguna menonton di desktop atau browser.

Beberapa pengguna telah mengeluhkan fitur iklan overlay yang mengganggu ini, dan Google akhirnya menarik perhatian mereka. Google telah melakukan beberapa perubahan pada penempatan iklan, termasuk menghilangkan format iklan overlay dari platform YouTube.

Baca Juga:
Youtube Melonggarkan Larangan Menggunakan Bahasa Tidak Senonoh, Apa Yang Berubah?

YouTube mengonfirmasi keputusan mereka melalui laman Forum Bantuan YouTube, di mana mereka menyatakan bahwa "Mulai 6 April 2023, format iklan overlay tidak akan muncul lagi di YouTube untuk membantu meningkatkan pengalaman penonton dan mengalihkan interaksi ke format iklan berperforma lebih tinggi di desktop dan perangkat seluler."

Menurut YouTube, iklan overlay adalah format iklan lama yang hanya ditayangkan di desktop dan mengganggu pemirsa. Mereka memperkirakan dampak terbatas bagi sebagian besar kreator karena interaksi beralih ke format iklan lain seperti iklan pre-mid dan post-roll.

Tetapi penghapusan iklan overlay akan berdampak terbatas pada pendapatan iklan konten kreator. Oleh karena itu, perusahaan akan mengalihkan fokus ke format iklan lain untuk mengatasi dampak tersebut.

Bagi kreator, mereka tidak dapat lagi mengaktifkan atau menambahkan iklan overlay saat mengakses opsi monetisasi di YouTube Studio. Namun, YouTube belum menyebutkan jenis iklan apa yang akan mereka terapkan sebagai pengganti iklan overlay.

Baca Juga:
Punya Bos Baru, YouTube Tambahkan Fitur Belanja dan Berlangganan

Perusahaan juga telah mencatat bahwa iklan overlay hanya tersedia di versi desktop, yang merupakan sebagian kecil dari pemirsa YouTube. Oleh karena itu, dampak pendapatan tidak akan terlalu terasa.

Dengan langkah baru ini, pengguna YouTube akan dapat menikmati platform tanpa iklan yang mengganggu dan menjadikan pengalaman menonton lebih menyenangkan. Kreator dapat menggunakan format iklan lain, termasuk fitur penandaan produk yang baru, untuk menghasilkan pendapatan dari konten mereka.

Itulah informasi terbaru tentang keputusan YouTube untuk menghapus iklan overlay yang mengganggu. Semoga ini dapat meningkatkan pengalaman menonton pengguna dan menghasilkan pendapatan yang lebih baik bagi kreator di platform YouTube.

SHARE:

Microsoft Tunda Peluncuran Fitur Recall AI yang Kontroversial

Harga Rp2 Jutaan, Perbandingan Spek ZTE Nubia Neo 2 5G vs Tecno Pova 6