YouTube Berhenti Rekomendasikan Video Berbau Konspirasi

- Advertisement -

Technologue.id, Jakarta – Video berbau konspirasi memang cukup seru untuk disaksikan. Namun bagi yang kebanyakan menikmatinya, ada kemungkinan malah akan masuk lebih dalam mempercayai teori konspirasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

YouTube, selaku platfrom dengan beragam video di dalamnya, mengambil kebijakan untuk tak lagi merekomendasikan video-video berbau teori konspirasi.

Baca Juga:
YouTube Tak Lagi Izinkan Skip Iklan?

“Kami akan mulai mengurangi rekomendasi konten yang melanggar batas dan konten yang dapat memberi informasi yang salah kepada pengguna dan membahayakan, seperti video tentang obat palsu untuk penyakit yang serius, bumi datar atau klaim palsu tentang peristiwa bersejarah 9/11,” tulis YouTube.

Baca Juga:
Ini Cara Google Cegah Penjiplak Konten Video YouTube

YouTube juga menggaris bawahi bahwa dengan mereka tidak merekomendasikan video semacam ini bukan berarti video ini tidak akan tersedia di platform mereka. Mereka menyatakan bahwa pengguna masih dapat mencari video-video tersebut dan selama video-video tersebut masih mematuhi pedoman YouTube.

“Kami pikir perubahan ini memberikan keseimabangan antara mempertahankan platform untuk kebebasan berbicara dan memenuhi tanggung jawab kami kepada pengguna,” pungkas YouTube sebagaimana dikutip dari Ubergizmo.com (27/1/2019).

- Advertisement -

Latest News

Related Stories