Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Ini Cara Google Cegah Penjiplak Konten Video YouTube
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Duplikasi konten video tanpa izin kerap terjadi di salah satu portal video online terbesar di dunia, YouTube. Untuk mencegah hal tersebut, Google memiliki cara tersendiri dengan memanfaatkan sebuah tool baru buatannya sendiri. Mengutip dari TheVerge.com (11/07/2018), Google dilaporkan sudah merilis tool bernama Copyright Match yang bisa mengecek sekaligus mendeteksi apakah video yang sudah ada di-upload ulang oleh orang lain dengan akun yang berbeda.

Baca juga:

Bikin Konten Kece ala YouTuber dan Fotografer Kondang, Gimana Caranya?

Rencananya, tool tersebut akan mulai didistribusikan kepada beberapa creator konten video di YouTube pada pekan depan. Selanjutnya, akan didistribusikan kembali ke lebih banyak pengguna pada beberapa bulan mendatang. Namun untuk bisa mendapatkan tool tersebut, pemilik akun setidaknya harus memiliki lebih dari 100.000 subscriber.

Baca juga:

Mode Incognito Tiba untuk YouTube Android

Dengan memanfaatkan Copyright Match, pemilik konten video akan mendapatkan sebuah notifikasi khusus ketika ada yang mencuri videonya di YouTube. Setelah itu, Anda bisa menindaklanjutinya dengan beberapa pilihan, mengontak akun yang menjiplak, meminta YouTube untuk membuangnya, atau dibiarkan begitu saja.

Baca juga:

YouTube Music dan YouTube Premium, Apa Bedanya?

Bersamaan dengan diluncurkannya Copyright Match, mulai saat ini Google pun akan mengecek apakah video yang ingin diupload oleh penggunanya benar-benar sama dengan video yang sudah ada sebelumnya di YouTube. Pengecekan tersebut dilakukan dengan cara melihat keseluruhan isi video, bukan hanya sebagian.

SHARE:

Indosat Ooredoo Hutchison Pastikan Kelancaran Layanan Internet Selama Lebaran 2024

Google Dituding Biarkan OpenAI Gunakan Video YouTube untuk Melatih GPT-4