HomeAppsYouTube Mulai Sembunyikan Jumlah Dislike Video

YouTube Mulai Sembunyikan Jumlah Dislike Video

Technologue.id, Jakarta – YouTube resmi mengumumkan untuk menyembunyikan tombol dislike video di semua video di platform-nya.

Dalam beberapa waktu mendatang, jumlah dislike tak akan lagi bisa dilihat secara publik. Meski begitu, para kreator akan tetap bisa melihat jumlahnya lewat halaman YouTube Studio.

Dikutip dari lama blognya, kebijakan ini ditujukan untuk menciptakan ruang positif buat para kreator untuk berekspresi dan berkreasi. Kebijakan ini sudah diuji coba selama beberapa bulan.

Baca Juga:
YouTube Kenalkan Fitur Continue Watching, Ini Kegunaannya

“Dalam masa uji coba, kami mendengar bahwa beberapa pengguna melihat jumlah dislike sebagai pertimbangan untuk menonton sebuah video,” jelas YouTube dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Blog resminya, Kamis (11/11/2021).

“Kami tahu beberapa pengguna mungkin tidak akan setuju dengan kebijakan ini, namun, kami percaya ini langkah yang tepat untuk platform YouTube,” imbuh YouTube.

Meski jumlah dislike tidak lagi bisa dilihat secara publik, bukan berarti tombol ‘dislike’ juga akan dihilangkan. Pengguna YouTube masih bisa melihat ikon dislike dan meng-klik tombol thumbs down apabila tidak suka dengan isi konten di dalam video yang sedang ditonton.

Selain itu, kreator konten atau pengunggah video juga tetap dapat meilihat jumlah dislike yang diterima melalui halaman YouTube Studio, bersama data analitik terkait performa video mereka.

Baca Juga:
YouTube Music Gratiskan Dengar Musik Meski Keluar Aplikasi

Jumlah dislike divideo akan mulai dihilangkan secara bertahap di semua platform YouTube, termasuk semua perangkat dan web.

Kebijakan ini akan mulai diterapkan secara bertahap ke beberapa pengguna di sejumlah negara. Meski begitu, belum ada kabar kapan kebijakan ini bakal berlaku di Indonesia.

- Advertisement -

Berita Lainnya

See More