Technologue.id, Jakarta – Tepat sesuai rumor yang sudah berhembus, Xiaomi resmi memperkenalkan laptop pertamanya di penghujung Juli 2016, bersamaan dengan pengenalan Redmi Pro. Perusahaan berusia 6 tahun itu menamai lini laptopnya dengan Mi Notebook Air. Ada dua produk yang dikenalkan, yakni yang berukuran 13,3 inci dan 12,5 inci.

Walau mirip dengan merek laptop buatan Apple, Mi Notebook Air punya beragam perbedaan mendasar. Pertama, OS yang diadopsi adalah Windows 10 dan menariknya, Anda tak akan menjumpai logo apa pun di belakang layar laptop tersebut. Namun keduanya sama-sama lahir dengan layar 1080 piksel, webcam 1MP, dan charger USB-Type C.

Versi 13,3 inci adalah model yang mengusung spesifikasi top. Di dalam bodinya yang cuma setebal 14,88 mm dan seberat 1,28 kg, atau lebih tipis dan ringan daripada MacBook Air 13 inci itu, ada prosesor Intel Core i5-6200U dual-core 2.3GHz, kartu grafis NVIDIA GeForce 940MX plus GDDR5 1GB, RAM DDR4 8GB, SSD 256GB, serta baterai yang diklaim tahan selama 9,5 jam. Ada juga tiga buah port USB 3.0 dan HDMI untuk membantu konektivitas berbasis kabel penggunanya.

Mi Notebook Air

- Advertisement -

Sementara versi 12,5 incinya memang punya tebal dan bobot yang lebih ringan, yaitu 12,9 mm dan 1,07 kg saja. Baterainya pun dijamin tahan dua jam lebih lama. Namun dari segi spesifikasi tidak lebih baik dari saudaranya. ‘Hanya’ ada prosesor Intel Core M3 tanpa kartu grafis dedicated, RAM 4GB, SSD 128GB, plus satu port USB 3.0 dan port HDMI.

Untuk urusan harga, ternyata Xiaomi berani membanderol karya pertamanya ini dengan cukup tinggi. Mi Notebook Air ukuran 13,3 inci bisa ditebus dengan Rp 10 juta, sementara model 12,5 inci dijual seharga Rp 7 juta.  Xiaomi berani mematok harga itu mungkin dikarenakan spesifikasi high-end yang ditawarkan.

Kapan kira-kira dua produk ini bisa dijumpai di Indonesia? Xiaomi sendiri belum memastikan hal itu. Sebab untuk saat ini, keduanya akan dijual di Tiongkok dulu mulai awal bulan depan.

 

Baca juga:

XIAOMI REDMI BUKTIKAN SEBAGAI SERI SMARTPHONE SUKSES

HUAWEI SIAP SAMBUT ERA SMARTHOME

ASUS ZENFONE 3 LASER VS ZENFONE 3 MAX, MANA FAVORIT ANDA?