Technologue.id, Jakarta – Perkembangan teknologi internet of things (IoT) yang cukup cepat dan mulai mempengaruhi dunia memikat Telkomsel. Operator seluler terbesar di dunia itu mencoba mendukung pembentukan ekosistem IoT dengan uji coba teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things).

Uji coba teknologi tersebut dilakukan Telkomsel dengan memanfaatkan jaringan 4G yang dimilikinya. Perusahaan penyedia solusi teknologi asal Finlandia, Nokia digandeng Telkomsel untuk uji coba teknologi NB-IoT pertama di Indonesia.

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang. Di dunia IoT, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote,” kata Sukardi Silalahi, Direktur Network Telkomsel.

Mesin-mesin itu akan merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri seperti fleet management and tracking di bidang logistik, smart agriculture di bidang pertanian, control mesin jarak jauh dalam industri manufaktur. Selain itu juga diaplikasikan ke kehidupan lainnya seperti rumah cerdas, meteran cerdas, pemeriksaan kesehatan jarak jauh, traffic safety and control pada kendaraan.

Sukardi menambahkan bahwa teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang handal dan aman. Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam dan dengan kemampuan konsumsi daya sangat rendah dari perangkat-perangkat IoT memungkinkan perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang.

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia mensimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, dimana informasi mengenai temperatur, kelembaban, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT. Uji coba dilakukan menggunakan metode in Band Frequency 200 KHz pada frekuensi 1800MHz.

“Uji coba ini menunjukkan bagaimana NB-IoT dapat digunakan untuk menghubungkan jutaan sensor yang mendukung produktivitas bisnis, kualitas hidup dan mampu mempercepat proses terwujudnya Smart City di berbagai kota di Indonesia,” jelas Sukardi.

Dalam berbagai kesempatan Telkomsel juga aktif dalam mendukung implementasi Smart City di Indonesia, agar dapat meningkatkan kinerja pemerintah kota sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Telkomsel berkomitmen untuk terus berkembang dan selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini. Uji coba hari ini menunjukkan bagaimana teknologi seluler dapat mendukung perkembangan ekosistem IoT di masa mendatang, diantaranya dalam pembangunan Smart City, dimana penerapannya akan mentransformasi berbagai aspek kehidupan,” papar Sukardi.

Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia mengatakan Nokia berkomitmen untuk mendorong inovasi dan teknologi yang memampukan hidup saling terkoneksi. “Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata,” ujar Robert.

Baca juga :
ROADS, jalan baru menjawab tren IoT
Telkomsel Salurkan Bantuan Rp 1 Miliar untuk Korban Gempa Pidie Jaya
Sekarang Petani Sudah Pakai Aplikasi Digital