Technologue.id, Jakarta – WhatsApp merupakan aplikasi chat populer di belahan dunia termasuk Indonesia. Pengguna memungkinkan dapat mengirimkan pesan berupa foto ataupun video ke pengguna lainnya, secara jalur pribadi atau melalui grup.

Terkadang tanpa disadari foto bahkan video yang tidak ingin Anda simpan, langsung masuk kedalam galeri secara otomatis karena pengaturan auto download di pengaturan WhatsApp.

Namun, bagi Anda yang ingin tetap menyimpan konten media tersebut dan ingin menyembunyikannya agar tidak muncul di galeri, bisa mengikuti langkah-langkah berikut dibawah ini.

1. Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan yakni File Manager atau aplikasi pihak ketiga di smartphone Anda.

File Manager
File Manager

2. Buka aplikasi file manager, lalu cari folder WhatsApp dan pilih yang bernama media. Disini ada berbagai nama folder, kemudian pilih folder WhatsApp Images dan WharsApp Video.

Folder WhatsApp->Media->WhatsApp Image & WhatsApp Video
Folder WhatsApp->Media->WhatsApp Image & WhatsApp Video

3. Sekarang rubah nama folder WhatsApp Image menjadi “.WhatsApp Images” (tanpa tanda kutip) lalu tekan Oke. Jika Anda ingin menyembunyikan foto dari galeri.

Rubah Nama WhatsApp
Rubah Nama WhatsApp

4. Selanjutnya ubah juga nama folder WhatsApp Video menjadi “.WhatsApp Video (tanpa tanda kutip). Fungsinya sama akan menyembunyikan file video WhatsApp dari galeri Anda.

Rubah Nama WhatsApp
Rubah Nama WhatsApp

5. Kemudian, masuk ke pengaturan di smartphone Anda, pilih aplikasi dan temukan galeri. Lalu pilih hapus cache pada aplikasi galeri.

Pengaturan->Aplikasi
Pengaturan->Aplikasi

Setelah itu, taraaa! konten file gambar dan video WhatsApp di galeri sudah tidak muncul di galeri smartphone Anda.

Nah, tadi adalah langkah menggunakan file manager bawaan dari smartphone untuk menyembunyikan foto dan video WhatsApp di galeri.

Selain itu, bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga contohnya mimin menggunakan ES File Explorer.