Technologue.id, Jakarta – Menjelang akhir tahun 2019, ramalan tentang iPhone pada tahun 2021 justru sudah muncul. Ramalan tersebut datang dari seorang analis kondang yang selama ini sering memprediksi masa depan perangkat Apple, Ming-Chi Kuo.

Baca Juga:
Apple Siapkan Empat iPhone 5G Tahun Depan?

Mengutip dari TheVerge (05/12/19), berdasarkan catatan riset terbaru dari Kuo, ia mengatakan bahwa pada tahun lagi, Apple bakal membuang seluruh port pada iPhone. Itu artinya, lightning port yang selama ini ada pada iPhone akan ikut ditanggalkan layaknya port audio 3,5 mm.

Jika hal itu benar-benar terjadi, berbagai rumor dan spekulasi soal penggantian lightning port ke USB-C pun pupus. Dengan menanggalkan seluruh port, Apple tampaknya ingin membuat sebuah pengalaman baru saat pengisian daya maupun sinkronisasi, yakni melalui media wireless.

Baca Juga:
Cara Aktifkan Dual eSIM di iPhone 1

Selain itu, Kuo juga memberikan kisi-kisi soal lini produk Apple pada tahun 2020. Dari catatan yang ia buat, setidaknya akan ada 5 iPhone terbaru pada tahun depan. Dan salah satunya adalah iPhone SE 2 yang mengadopsi layar 4,7 inci.

Selebihnya, akan ada empat iPhone dengan layar OLED dan berkonektivitas 5G. Beberapa di antaranya akan menggantikan posisi iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max dengan ukuran layar yang kurang lebih sama.