Technologue.id, Jakarta – Keinginan tiap orang untuk memaksimalkan ponselnya pastilah beragam, ada yang ingin menggunakannya untuk menunjang produktivitas, bermain game, atau ber-selfie ria.

Beruntunglah Anda, karena semakin hari, pasar ponsel Indonesia makin ramai dengan produk yang andal untuk menghasilkan swafoto yang keren, bahkan tak kalah dengan jepretan ala kamera profesional.

Apa saja sih smartphone selfie yang terbaik saat ini? Begini rangkuman redaksi.

Baca juga:

Aplikasi WhatsApp Palsu Beredar di Google Play Store, Korbannya Jutaan!

4 Smartphone Selfie Layak Beli Saat Ini di Indonesia
Asus ZenFone 4 Selfie (source: Asus)

1. Asus ZenFone 4 Selfie
Gawai 5,5 inci yang satu ini mengusung kamera depan utama 20 MP dengan  f/2.0 serta kamera depan kedua 8MP dengan bukaan lensa f/2.4. Alhasil, ZenFone 4 Selfie cocok dipakai di kondisi pencahayaan minim.

Dari review yang telah redaksi lakukan, ada aplikasi SelfieMaster yang bisa “memoles” hasil swafoto Anda sehingga hasilnya lebih keren. Pilihan mode yang tersedia pada fitur itu adalah Auto, Beauty, GIF, dan Selfie Panorama.

Pada mode Beauty, parameter yang dapat diatur adalah Soften Skin, Brighten Skin, Enhance Eyes, dan Thin Cheeks. Keempat parameter itu dapat diatur skalanya dari 1 hingga 10. Namun bila ingin cepat dan praktis, bisa juga memilih fungsi Auto beautify. Tersedia juga filter yang terdiri dari Grayscale, Warm, Hipster, Retro, None, Faded, Nostalgic, Vibrant dan Blush.

Baca juga:

Cuma Pakai Satu Kamera Selfie, Oppo F5 Justru Lebih Canggih, Kok Bisa?

4 Smartphone Selfie Layak Beli Saat Ini di Indonesia
Teaser resmi Oppo F5 (source: Oppo)

2. Oppo F5
Hari ini, Oppo dijadwalkan meresmikan gawai anyarnya, F5. Ponsel pertama Oppo yang lahir tanpa tombol home fisik itu dibekali dengan kecerdasan buatan di kamera selfie-nya.

Dengan fitur yang mengandalkan kecerdasan buatan ini, hasil jepretan kamera depan Oppo F5 diklaim mampu mengenali lebih baik jenis kulit, warna kulit, jenis kelamin, sampai usia dari subjek foto sembari menganalisa kondisi cahaya sekitar subjek yang nantinya dihubungkan dengan database foto secara global.

4 Smartphone Selfie Layak Beli Saat Ini di Indonesia
Vivo V5 Plus (source: Vivo)

3. Vivo V5 Plus
Dimasukkan ke pasar Indonesia pada Februari 2017, perangkat ini tak main-main menggoda para pencinta selfie. Vivo menyediakan tandem kamera 20MP plus 8MP dengan aperture f/2.0.

Hasil jepretan kamera depan dengan kelengkapan sensor Sony IMX376 serta aplikasi Beautify 6.0 dan Selfie Spotlight ini diklaim sangat apik hingga mampu menghadirkan efek bokeh.

Smartphone seberat 158 gram ini turut dilengkapi kamera utama 16MP dengan bukaan f/2.0, fingerprint sensor di bagian depan, serta proteksi layar Corning Gorilla Glass 5. V5 Plus pun melengkapi versi orisinalnya yang belum mengusung dual-camera.

Baca juga:

iPhone X Diramalkan Laris Manis, iPhone 8? Jangan Ditanya!

4 Smartphone Selfie Layak Beli Saat Ini di Indonesia
Infinix S2 Pro (source: Infinix)

4. Infinix S2 Pro
Smartphone dual-camera selfie ini mencoba mengatasi problem ketika background swafoto Anda tak tampak utuh. Makanya, Infinix S2 Pro menyediakan kamera depan 13MP + 8MP yang salah satunya berlensa ultra-wide dengan sudut pandang 135 derajat.

Adapun spesifikasi lain yang dibawa S2 Pro antara lain RAM 3GB, ROM 32GB, dan kamera belakang 13MP. Yang membuat gawai 5,2 inci ini menarik lagi adalah harganya yang amat terjangkau, kurang dari Rp2 juta saja.