Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
5 Aplikasi Berpotensi Disalahgunakan untuk Selingkuh dan Tindak Kejahatan
SHARE:

Technologue.id, Jakarta - Selain aplikasi chat populer yang mungkin kamu sudah download seperti WhatsApp, ternyata ada pula lho aplikasi sejenis yang menyediakan layanan obrolan.

Beberapa aplikasi chat ini tersedia di Google Play untuk para pengguna ponsel Android, memungkinkan kamu untuk berinteraksi serta berkirim foto maupun video.

Baca Juga:
Acer Rilis Laptop Baru Swift X 14 untuk Konten Kreator

Hadirnya beberapa aplikasi yang menyediakan fitur obrolan bisa menjadi alternatif untuk berkomunikasi di platform yang berbeda-beda, sekaligus memicu kewaspadaan terkait perselingkuhan maupun tindak kejahatan.

Berikut beberapa aplikasi yang berpotensi disalahgunakan untuk selingkuh atau aksi kejahatan, diambil dari berbagai sumber.

  1. WeChat
    WeChat menyediakan fitur pencarian sesama pengguna, sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dalam jarak 1 kilometer. Fitur ini berguna untuk mencari teman dalam jarak yang masih memungkinkan mereka melakukan janji bertemu secara langsung, sekaligus memicu kekhawatiran atas aksi kejahatan.

Hebatnya fitur tersebut membuat orangtua perlu waspada terkait keselamatan anak-anak mereka dalam berinteraksi dengan orang asing. Laporan pada 2013 mengungkap, pengadilan di Beijing, China mengimbau masyarakat pengguna aplikasi messaging WeChat agar berhati-hati karena aplikasi ini menyebabkan beberapa tindak pidana termasuk pemerkosaan di China.

  1. MiChat
    MiChat menjadi salah satu aplikasi yang juga berpotensi disalahgunakan orang untuk melakukan tindak kejahatan atau prostitusi online. Kabarnya, banyak pengguna dewasa yang aktif di dunia malam memakai MiChat untuk mencari teman kencan atau teman pesta.

Alasan aplikasi ini bisa digunakan untuk kegiatan prostitusi online dikarenakan fitur People Nearby. Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna menemukan sesama pengguna MiChat di sekitar lokasi, mirip seperti WeChat, meskipun mereka tidak saling mengenal atau menyimpan nomor telepon.

  1. Tinder
    Tinder diperuntukan bagi mereka yang single untuk menemukan jodoh mereka. Akan tetapi, potensi penyalahgunaan tetap dapat dilakukan oleh mereka yang sudah menikah atau berkeluarga.

Tinder menyediakan fitur jelajah gambar dari pengguna yang lokasinya berada di radius tertentu, dan mereka bisa memilih salah satu yang menarik perhatian. Jika seseorang yang dipilih juga menyukai pengguna, maka mereka cocok dan dapat mulai mengobrol secara langsung dari aplikasi itu. Tampaknya kamu perlu waspada apabila pasangan menggunakan Tinder.

  1. Viber
    Viber punya fitur yang memungkinkan adanya chat rahasia yang hanya diketahui oleh pengguna dan lawan bicaranya. Fitur obrolan rahasia ini mengizinkan pengguna untuk berkomunikasi dan pesan terhapus dengan sendirinya dalam waktu 1-5 menit.

Ada pula fitur obrolan tersembunyi, sehingga apabila pasangan ingin melihat chat atau obrolan, mereka sulit mengakses karena adanya kata sandi atau password. Aplikasi ini juga patut diperhatikan apabila terpasang di ponsel pasangan.

Baca Juga:
Amazon Security Lake Sudah Tersedia untuk Umum

  1. Snapchat
    Snapchat punya fitur sharing foto sesama pengguna sehingga ada potensi konten yang dikirim merupakan konten yang tidak pantas untuk dilihat. Terkini, dikutip Nbcphiladelphia, polisi mengirimkan peringatan kepada orangtua setelah anak laki-laki berusia 13 tahun diduga membuat pornografi anak dan membagikannya di aplikasi media sosial Snapchat.

Penyelidik mengatakan video tersebut telah beredar di kalangan siswa sekolah menengah dan menengah di Egg Harbor Township, New Jersey. Remaja tersebut didakwa melakukan "penyerangan" seksual dan membahayakan kesejahteraan anak.

SHARE:

Tips Supaya Usaha Rental Mobil Tetap Aman Terlindungi

Mobil Rental Dibawa Kabur Penyewa, Bagini Tata Cara Klaim Asuransinya