Ada 17 Juta Lebih Serangan WannaCry di Indonesia yang Bisa Diredam

Technologue.id, Jakarta – Masih ingat WannaCry? Wabah ransomware yang menyerang netizen global secara masif itu berhasil melumpuhkan beragam pihak, dari komputer pribadi, perusahaan swasta, pemerintahan, bahkan sampai rumah sakit. Indonesia pun terkena infeksi program yang memanfaatkan exploit Eternal Blue di Windows itu, di antaranya RS Harapan Kita dan RS Dharmais.

Baca juga:

Teror WannaCry Belum Berakhir, Indonesia Jadi Target Terbesar!

Avast, perusahaan cybersecurity yang berbasis di Praha, Republik Ceko, mengklaim telah mendeteksi dan meredam lebih dari 176 juta serangan WannaCry di 217 negara di tahun 2017. Dari angka itu, 17 juta di antaranya berasal dari Indonesia, yang dideteksi mulai 12 Mei 2017 sampai 1 April 2018. Jumlah itu terbesar kedua setelah Rusia (64 jutaan) dan lebih tinggi dari Brasil di nomor ketiga (7 jutaan).

Baca juga:

Avast Secure Browser Diluncurkan, Janjikan Keamanan Data Ekstra

Apakah saat ini serangan WannaCry telah berakhir? Jawabannya, belum. Pertama, selama Maret 2018, Avast menyatakan masih memblok hingga 54 juta serangan WannaCry.

CTO Avast, Ondrej Vicek, turut menjelaskan pada redaksi (04/05/2018) kalau WannaCry masih mengancam para pengguna komputer. Data yang mereka himpun menyimpulkan bahwa 29 persen komputer berbasis Windows di seluruh dunia masih rentan terhadap serangan WannaCry ransomware itu.

Baca juga:

Siapa Kira? Game dan Browser Ini Ternyata Malware Miner Cryptocurrency!

Untuk mengantisipasi serangan WannaCry dan malware lain yang memanfaatkan exploit, pengguna harus melakukan pembaruan aplikasi dan sistem operasi dengan menerapkan patch terbaru. Namun, pastikan pula kalau sumber update patch berasal dari website resmi, karena berkas pembaruan itu sendiri dapat disisipi oleh malware.

Latest News

Punya Banyak Inovasi, Tokopedia iOS Diapresiasi Apple

Technologue.id, Jakarta - Agar bisa penuhi kebutuhan harian, Tokopedia, terus hadirkan deretan inovasi digital kepada masyarakat, termasuk untuk pengguna iOS.

Free Fire Red Bull Gold League Resmi Dimulai, Bakal Adu 18 Tim Terbaik

Technologue.id, Jakarta - Setelah sukses bikin turnamen Red Bull Gold Cup season 1 dan 2, Red Bull Gold kini bikin liga eSport...

Jelang Pemilu AS, Twitter Pasang Banner Anti Hoax

Technologue.id, Jakarta - Para pengguna Twitter di AS akan menjumpai banner perongatan di bagian atas feed mereka mulai hari ini. Banner tersebut...

SINoALICE Rilis Cerita Baru Tanggal 30 Oktober

Technologue.id, Jakarta - Setelah beberapa event dan kolaborasi, Pokelabo Inc dan SINoALICE Square Enix akan update cerita utama ketiga pada 30 Oktober....

Rangkaian Home Appliances Samsung Meluncur Ke Indonesia

Technologue.id, Jakarta - Samsung Electronics Indonesia resmi meluncurkan rangkaian Home Appliances terbaru, Selasa (27/10/2020). Adalah Samsung Refrigerator Multidoor RF60, Samsung Washing Machine...

Related Stories

1 Comment

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here