Technologue.id, Jakarta – Sebagai salah satu perangkat pintar buatan Apple, Apple Watch memiliki sedikit keterbatasan yang bisa membuat penggunanya mengelus dada. Pasalnya, perangkat pintar itu sengaja dirancang untuk tidak bisa mengakses Siri yang selama ini banyak digunakan sebagai asisten digital.

Mengutip dari TheVerge.com (07/06/2018), saat ini dilaporkan sudah ada aplikasi pihak ketiga bernama “Voice in a Can” yang bisa disematkan pada Apple Watch. Melalui aplikasi tersebut, pengguna bisa melakukan konfigurasi agar jam tangan pintar itu bisa memiliki asisten digital buatan Amazon, Alexa.

Baca juga:

Waduh, Alexa Rekam dan Sebarkan Obrolan Penggunanya Diam-diam!

Voice in a Can sendiri merupakan aplikasi yang berjenis standalone, yang artinya bisa langsung dipasang pada Apple Watch tanpa harus bergantung kepada perangkat lain, termasuk iPhone. Hanya saja, dikarenakan Alexa membutuhkan informasi terkini, setidaknya pengguna harus terkoneksi dengan Wi-Fi ataupun mobile data agar seluruh fiturnya bisa dinikmati.

- Advertisement -

Baca juga:

HP Sematkan Alexa pada All-in-One PC

Dikarenakan aplikasinya berjenis pihak ketiga dan tak memiliki akses penuh, Alexa pada Apple Watch tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun memutar musik. Meski begitu, ia tetap bisa mengontrol berbagai perangkat smart home yang juga memiliki Alexa.

Baca juga:

Guna Lawan Apple, Google, Hingga Samsung, Microsoft Akuisisi Startup Ini

Agar bisa terkoneksi dengan perangkat lainnya, sebelum digunakan, Voice in a Can akan melakukan sinkronisasi akun Amazon Alexa. Setelah itu, pengguna bisa menekan icon pada aplikasi tersebut untuk bisa mendapatkan respon dari Alexa. Sayangnya, aplikasi Voice in a Can ini tidak bisa digunakan secara gratis. Anda harus merogoh kocek US$1,99 (Rp27 ribuan) untuk bisa menginstallnya pada Apple Watch.