Technologue.id, Jakarta – Menjadi pekerja lepas tidaklah mudah. Anda perlu memantapkan skill, membangun portofolio yang meyakinkan, dan menunjukkan performa kerja yang sangat baik agar klien setia atau berkenan membayar jasa Anda.

Di samping itu, meskipun Anda bekerja untuk diri sendiri, bukan berarti Anda tak bisa terlihat profesional layaknya perusahaan. Dari segi penagihan, misalnya, Anda bisa menggunakan software invoicing instan yang ada di internet; salah satunya dari Paper.id.

Paper.id adalah platform invoicing pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan laporan manajemen arus kas dan laporan keuangan. Gunanya sejatinya tak hanya membuat invoice, tetapi juga menelusuri semua tagihan dan penjualan serta melihat laporan keuangan yang komprehensif.

Baca juga:

- Advertisement -

Begini Cara Percantik Foto dan Video Anda Pakai Efek-efek di Messenger

Sebagai awalan, redaksi mencoba membuat invoice lewat platform yang digawangi oleh Jeremy Limman dan Yosia Sugialam ini. Begini langkahnya.

1. Mulailah dengan membuat akun di Paper.id atau login agar bisa mengakses layanannya. Isi secara lengkap profil perusahaan Anda dan detail lainnya agar invoice Anda berisi informasi yang bermanfaat untuk klien Anda. Kalau sudah klik “Invoice” dari panel navigasi sebelah kiri, kemudian pilih “Invoice Penjualan”.

Anda Freelancer Pemula? Begini Cara Bikin Invoice Mudah Pakai Paper.id

2. Di laman Invoice Penjualan, klik tombol “Buat Invoice Baru” di bagian kanan atas.

Baca juga:

Cara “Gaib” Mengetahui Kondisi Baterai Remote TV Pakai Kamera Smartphone

3. Setelah itu, lengkapilah semua informasi terkait lembar tagihan ini, dari nomor, tanggal invoice keluar beserta jatuh temponya, info pelanggan, nama produk, sampai diskon dan PPN jika ada. Jangan lupa lengkapi pula keterangan tertentu dan isi nama terang Anda di bagian bawah kalau perlu.

Anda Freelancer Pemula? Begini Cara Bikin Invoice Mudah Pakai Paper.id

Setelah Anda yakin informasi yang dimasukkan telah benar, pilih tombol “Simpan Invoice”, lalu klik “Simpan dan Konfirmasi”.

4. Kemudian, Anda akan dibawa ke preview invoice siap kirim pada klien. Pilih tombol “Unduh” jika Anda ingin menyimpan dulu invoice tersebut dalam file PDF atau ingin mengirimkan invoice tersebut secara manual pada klien dan “Ubah” kalau ada yang salah.

Anda Freelancer Pemula? Begini Cara Bikin Invoice Mudah Pakai Paper.id

Sementara itu, klik “Kirim” untuk mengirimkan lembar tagihan ini ke email klien yang telah Anda input sebelumnya. Voila! Invoice Anda pun akan langsung dikirimkan ke email klien detik itu juga.

Anda Freelancer Pemula? Begini Cara Bikin Invoice Mudah Pakai Paper.id

Baca juga:

Kunci Laptop Windows 10 Anda dari Jarak Jauh via Smartphone, Ini Caranya

Menurut redaksi, sistem penagihan yang disediakan oleh Paper.id ini sudah cukup mudah dan detail. Bagi kebanyakan freelancer, layanan Free dari mereka dengan maksimal 1 pengguna, akses dari ponsel Android maupun iOS, serta rekonsiliasi pembayaran lewat transfer bank, sudah lebih dari cukup.

Walau begitu, jika layanan gratisan yang disediakan kurang memuaskan, Anda bisa meng-upgrade-nya ke layanan Basic dengan fitur macam manajemen stock, laporan keuangan yang lengkap, sampai penerimaan pembayaran melalui bank transfer, mobile wallet dan kartu kredit. Harganya mulai dari Rp41.667 per bulannya.

Selamat mencoba! Semoga fitur ini bisa membuat layanan freelance Anda menjadi lebih profesional di mata klien!