Cara “Gaib” Mengetahui Kondisi Baterai Remote TV Pakai Kamera Smartphone

Technologue.id, Jakarta – Anda pasti sudah paham betul bahwa smartphone punya banyak kegunaan, dari sekadar berkomunikasi, mencari informasi di internet, bermain game, hingga menghasilkan foto-foto apik dan memorable. Di samping itu, ternyata ponsel pintar yang Anda genggam sekarang juga memiliki potensi lain, yakni sebagai detektor kondisi baterai remote televisi.

Ya, inilah solusi sederhana untuk mengecek kondisi baterai remote televisi di rumah Anda. Jika kebetulan Anda merasakan remote Anda tak berfungsi sebagaimana biasanya, seperti respons yang lambat sampai tak bekerja di momen tertentu walaupun tombolnya sudah dipencet dengan keras hingga Anda harus mendekat, coba cek dengan cara ini. Siapa tahu bukan remote Anda yang rusak, hanya kehabisan baterai saja.

Baca juga:

Tak Terduga, Aplikasi Sejuta Umat Ini Bisa Hasilkan Foto Bokeh ala DSLR!

1. Ambil smartphone Anda dan buka aplikasi kamera. Atur agar kamera depan yang siap membidik.

2. Sementara salah satu tangan Anda memegangi ponsel, raih remote control TV Anda dengan tangan yang lain. Posisikan seakan-akan remote Anda akan mengambil swafoto alias menghadap langsung ke kamera depan.

Cara "Gaib" Mengetahui Kondisi Baterai Remote TV Pakai Kamera Smartphone
Cara mengetahui apakah baterai remote masih ada lewat kamera smartphone (source: MakeTechEasier.com)

Baca juga:

Cara Memainkan YouTube Sebagai Background App di Android

3. Pertahankan posisi Anda itu, sambil tekan dan tahan tombol apa pun. Kemudian, amati layar handset Anda. Apabila Anda mendapati cahaya muncul dari IR blaster remote Anda, maka remote tersebut sejatinya bekerja normal.

Namun apabila sebaliknya, bisa jadi inilah saatnya untuk mengganti baterai ponsel Anda. Atau, memang remote Anda yang mengalami kerusakakan dan waktunya untuk diganti.

Cara "Gaib" Mengetahui Kondisi Baterai Remote TV Pakai Kamera Smartphone
Infrared yang dihasilkan oleh remote televisi tertangkap kamera smartphone (source: MakeTechEasier.com)

Baca juga:

Resmikah Smartphone Anda? Atau dari Pasar Gelap? Ini Cara Ceknya

Bagaimana hal ini bisa terjadi? Melansir MakeTechEasier.com (11/04/2018), remote control standar pada dasarnya mengitimkan sinyal pada TV atau home theater lewat pancaran infrared yang sebenarnya tak kasat mata, sehingga trik ini semacam gaib, walaupun dapat dijelaskan secara ilmiah. Sorotan infrared itulah yang akan ditangkap oleh sensor perangkat yang kompatibel dengan pengontrol tersebut.

Nah, kamera smartphone sendiri memiliki lensa yang bekerja sedikit banyak mirip dengan sensor TV ketika diproyeksi oleh sorotan infrared. Makanya, saat tombol remote ditekan, infrared itu jadi bisa ditangkap oleh kamera smartphone.

Sumber yang redaksi kutip menjelaskan tak semua kamera ponsel bisa melakukannya, karena ada teknologi built-in yang tak memungkinkan trik semacam ini. Untuk itu, cobalahh trik ini di smartphone lain, camera digital, atau webcam pada laptop.

Selamat mencoba trik “gaib” ini!

Recent Articles

Larangan WeChat Bisa Bikin Bisnis iPhone Anjlok

Technologue.id, Jakarta - Perintah eksekutif Presiden Donald Trump yang akan memblokir layanan WeChat di Amerika Serikat dapat berimbas buruk kepada hampir seluruh...

Musim Sepeda, Xiaomi Luncurkan Sepeda Listrik Berkecepatan 25km/jam

Technologue.id, Jakarta - Setelah sebelumnya menghadirkan Qicyle R1 dengan harga selangit yakni Rp 44 jutaan, Xiaomi kini meluncurkan produk sepeda yang lebih...

Fitur Perangsang Produktivitas di Galaxy Note20

Technologue.id, Jakarta - Generasi terbaru Samsung Galaxy Note resmi meluncur pada 5 Agustus lalu lewat gelaran Galaxy Unpacked. Adalah Galaxy Note20 dan...

Twitter Minat Beli TikTok

Technologue.id, Jakarta - Twitter telah menghubungi pemilik TikTok di Cina, ByteDance, untuk menyatakan minatnya dalam operasi AS dari aplikasi video tersebut. Namun...

The Everlasting Regret, Game Narasi Patah Hati Buatan Tencent

Technologue.id, Jakarta - The Everlasting Regret adalah game teka-teki yang digerakkan oleh cerita dari Tencent Games dan Lightspeed & Quantum Studio, pengembang...

Related Stories

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here