Contact Information

Alamat: Komplek Rumah Susun Petamburan Blok 1 Lantai Dasar, Tanah Abang - Jakpus 10260

We're Available 24/ 7. Call Now.
Apple Belum Tergoda Bikin Fast Charging untuk iPhone?
SHARE:

Technologue.id, Jakarta – Di saat vendor ponsel lain tengah berlomba merancang teknologi pengisian baterai kilat (fast charging), Apple masih saja mempertahankan sistem pengisi daya gaya lama. Perangkat charger yang dimaksud adalah unit 5W yang Apple telah sediakan selama beberapa tahun ini. Charger bawaan iPhone ini cenderung lebih lemah dengan output 1A(5W) ketimbang charger ponsel apa pun saat ini. Proses pengisian baterai di iPhone dinilai sangat lambat.

Baca juga:

Nasib iPhone X Setelah 3 iPhone Terbaru Muncul

[caption id="attachment_39005" align="alignnone" width="657"] 5W USB Power Adapter (Source: GSMarena.com)[/caption] Apple memang telah menambahkan fasilitas pengisian cepat pada iPhone saat peluncuran iPhone X dan iPhone 8. Perangkat ini mendukung protokol USB Power Delivery dan dapat memanfaatkan pengisi daya USB-C, seperti 30W USB-C Power Adapter milik Apple – yang dirancang terutama untuk MacBook – untuk mengisi daya dengan cepat. Namun, charger ini dijual terpisah, seperti kabel USB-C ke Lightning yang diperlukan untuk menghubungkan ponsel ke charger ini. Biaya gabungan keduanya adalah US$68 (sekitar Rp 900 ribuan).

Baca juga:

Apple Resmikan Ponsel Tergaharnya, iPhone XS dan XS Max

[caption id="attachment_39006" align="alignnone" width="640"] 30W USB-C Power Adapter (Source: GSMarena)[/caption] Namun, ada alternatif lain untuk mendapatkan pengisian daya yang lebih cepat di iPhone. Charger 12W adalah cara populer untuk meningkatkan kecepatan pengisian iPhone Anda. Ini sebenarnya merupakan charger bawaan iPad, namun tentu saja tetap bisa dipakai di iPhone guna mendapat peningkatan daya secara signifikan. Bila Anda tidak memiliki iPad, aksesori opsional ini bisa dibeli dengan biaya US$19 atau Rp260 ribuan.

Baca juga:

Punya Electrocardiogram, Apple Watch Series 4 Bisa Periksa Jantung Anda

Apple bisa saja mem-bundling charger 12W dengan ponsel iPhone, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengisian cepat, tetapi perusahaan justru menolak melakukannya. Sebagai perbandingan, hampir setiap smartphone Android dengan dukungan fast charging dilengkapi dengan charger kilat di dalam kotak kemasan. Pada umumnya ponsel Android mendukung pengisian cepat, bahkan sekelas ponsel murah pun. Sementara fitur ini masih terbatas pada iPhone 2017 dan 2018. Model lama seperti iPhone 7, yang masih dijual, tidak mendukung fitur ini.

SHARE:

Penjualan PC Global Tumbuh 8% pada Q1 2024

Bocoran Spesifikasi iQOO Z9 Turbo yang Meluncur Sebentar Lagi