Technologue.id, Jakarta – Kuartal ketiga 2017 layak disebut masanya Apple. Setelah Tim Cook cs merebut kembali tahtanya di pasar wearable gadget global, di periode yang sama pula penjualan laptop berlogo apel tergigit sedang moncer.

Menurut data dari TrendForce, sepanjang Juli sampai September 2017, penjualan MacBook di penjuru Bumi begitu impresif dengan volume 4 jutaan unit. Apple pun mencatatkan pertumbuhan 11 persen dari Q2 2017.

Baca juga:

Apple Siapkan Chipset Octa-core untuk iPad?

- Advertisement -

Tak cuma itu, Apple pun kini berhasil merebut posisi empat besar yang sebelumnya diduduki Asus karena pangsa pasar mereka mencapai 10,4 persen saat ini. Asus, di sisi lain, hanya 8,9 persen dan menurun performanya baik dari tahun lalu maupun dari kuartal sebelumnya.

Lebih lanjut, menurut TrendForce, lakunya MacBook berukuran 12 inci pada Q3 2017 adalah salah satu pendongkrak utama membaiknya posisi raksasa Cupertino itu di bisnis notebook global. Sejauh ini, Apple punya tiga model MacBook 12 inci sedari tahun 2015. Yang terbaru adalah yang dirilis Juni lalu dengan harga mulai Rp20 jutaan. Catatan ini cukup menarik, mengingat Apple sebenarnya masih punya produk lain, seperti MacBook Air atau MacBook Pro terbaru yang prosesornya lebih bagus daripada MacBook standar.

Baca juga:

Apple Jadi Penguasa Pasar Wearable Gadget Lagi, Ini Sebabnya

“Apple melanjutkan penjualan produk 12 incinya yang tinggi pada kuartal kedua dan fokus ke model terbaru MacBook Pro pada kuartal ketiga. Hasilnya, shipment mereka pada kuartal ketiga mencapai 4,43 juta unit dan naik 11,3 persen. Mereka mengalahkan Asus di ranking keempat di kuartal ini,” jelas TrendForce dalam keterangan resminya (15/11/17).

Apple Kalahkan Asus di Pasar Laptop, Berkat Produk Ini
Pangsa pasar notebook global Q3 2017 (source TrendForce)

Baca juga:

Apple Pecat Seorang Pegawainya Gara-gara Video Ini Jadi Viral

Sementara itu, secara keseluruhan penjualan laptop pada Q3 2017 di seluruh dunia diperkirakan mencapai 42,69 juta unit. Kontributor terbesar dari volume itu adalah HP dengan market share 25,8 persen, disusul Lenovo (20,1 persen) dan Dell (15,6 persen).