Technologue.id, Jakarta – Smartphone buatan Apple terbaru, iPhone 8 dan iPhone X menggunakan chipset A11 Bionic. Lalu bagaimana dengan iPad generasi mendatang?

Mengutip dari GSMArena (14/11/17), Apple saat ini tengah digosipkan bakal menyematkan sebuah chipset baru dengan seri A11X untuk iPad yang nantinya akan dirilis. Dengan prosesor octa-core dan teknologi fabrikasi 7 nm, kabarnya Apple akan menggandeng TSMC sebagai pabrik produksi.

Baca juga:

Apple Jadi Penguasa Pasar Wearable Gadget Lagi, Ini Sebabnya

- Advertisement -

Seperti berbagai chipset mobile yang sudah banyak beredar di pasar, A11X dikabarkan akan mengadopsi skema big.LITTLE. Dengan begitu, ia akan dibekali dengan tiga buah inti prosesor Monsoon untuk mengejar performa dan lima inti prosesor Mistral untuk efisiensi daya.

Baca juga:

iOS 11 Harus Absen di Sejumlah Perangkat Apple, Ini Buktinya

Diperkirakan, chipset Apple A11X baru akan siap didistriusikan pada kuartal pertama pada tahun 2018 mendatang sehingga bertepatan dengan diluncurkannya tablet iPad Pro 2018.

Baca juga:

Apple Pecat Seorang Pegawainya Gara-gara Video Ini Jadi Viral

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Apple soal keberadaan chipset tersebut. Jika rumor tersebut benar, chipset tersebut akan menjadi satu tonggak sejarah tersendiri bagi Apple. Sebab, ini adalah pertama kalinya Apple memiliki chipset mobile dengan delapan inti prosesor.