Technologue.id, Jakarta – Apple memperkenalkan iPad generasi ketujuh dengan harga lebih murah dari perangkat-perangkat sebelumnya dalam acara Apple Special Event, yang digelar di Auditorium Steve Jobs, Cupertino, Rabu dini hari (11/9/2019).

Disebut-sebut sebagai iPad paling murah, iPad generasi terbaru dibandrol mulai dari US$ 329 dolar (sekitar Rp4,6 juta).

Baca Juga:
Desain iPad Mini 5 Biasa-Biasa Saja?

Soal desain, tidak ada gubahan besar dibanding tablet Apple pendahulunya. Perangkat ini masih memiliki tombol Home. Hanya saja iPad terbaru ini dibekali ukuran layar lebih lega.

Dilansir dari TechCrunch (11/9/2019), iPad generasi ketujuh itu dibekali layar 10,2 inci retina display dengan tampilan 3,7 kali lebih lebar (dibanding bentang layar 9,7 inchi pada iPad Air). Perangkat tersebut disebut dibekali sejumlah fitur di antaranya split view dan slide over, yang dapat digunakan untuk multi-tasking.

Ada pula fitur terbaru papan ketik bayangan di mana akan muncul papan ketik dengan ukuran mini pada ujung layar sehingga dapat memudahkan pengguna mengetik dengan satu tangan.

Baca Juga:
Apple iPhone Jadi Migrasi ke USB-C?

iPad generasi terbaru yang dipersenjatai chip A10 Fusion dan kemampuan Touch ID itu juga mendukung penggunaan Pencil dan Smart Keyboard.

Untuk pertama kalinya, Apple membuat iPad yang 100 persen dapat didaur ulang. Perangkat itu juga hadir dengan iPad OS, sistem operasi yang diumumkan Apple dalam Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) 2019 pada Juni.

Pre order iPad entry-level ini dimulai hari ini dan akan mulai tersedia di Apple Store pada 30 September