Technologue.id, Jakarta – Sejak tak lagi menyematkan port 3,5mm pada iPhone, Apple menyertakan sebuah aksesori khusus berupa kabel tambahan untuk menjembatani antara port lightning dengan port audio 3,5mm. Namun ke depannya, mungkin pengguna harus membelinya secara terpisah.

Mengutip dari TheVerge.com (03/08/2018), baru-baru ini dilaporkan bahwa Apple tak akan lagi menyertakan kabel tambahan pada iPhone yang nantinya akan dirilis pada tahun ini. Kabar ini datang dari sebuah catatan kecil yang dibuat oleh salah satu lembaga keuangan ternama, Barclays.

Baca juga:

Warna iPhone 2018 Bakal Lebih Variatif

Berdasarkan catatan kecil tersebut, terpampang bahwa supplier dari kabel tersebut, Cirrus Logic, sudah melakukan konfirmasi kalau mereka tak akan lagi menyediakan aksesori itu ke dalam kardus iPhone terbaru. Namun sayangnya, belum ada kepastian dari pihak Apple.

Baca juga:

Jatuh dari Pesawat Saat Terbang, Bagaimana Nasib iPhone Ini?

Terlepas dari ada atau tidaknya keberadaan kabel tersebut, Apple sendiri saat ini tengah mencoba untuk menggiring pengguna agar beralih dari headset berjenis kabel ke wireless. Ini ditunjukkan dengan hadirnya produk AirPod dengan konektivitas wireless.

Baca juga:

Apple Akan Bikin iPhone Dual-SIM?

Kalaupun rumor ini benar-benar terjadi, bagi pengguna yang masih membutuhkan kabel penghubung antara jack 3,5 mm ke port lightning, Apple menjualnya secara terpisah seharga US$9 (Rp130 ribuan). Tentu hal ini akan menjadi sedikit merugikan karena pengguna harus mengeluarkan biaya tambahan untuk bisa menikmati fitur tersebut.