Technologue.id, Jakarta – Selama 10 tahun, Apple konsisten mempertahankan pakem desain single SIM card atau satu kartu SIM di iPhone. Namun tradisi tersebut nampaknya akan terpatahkan, karena Apple disinyalir bakal merilis generasi iPhone terbaru dengan kemampuan menyimpan dua kartu SIM, seperti umumnya ditemui di perangkat berbasis Android.

Petunjuk kehadiran iPhone dual-SIM card ini terlihat di iOS 12 beta terbaru. Dalam update iOS itu, Apple sedang bekerja untuk menghadirkan fungsi dual-SIM ke iPhone. Namun tidak disebutkan apakah ini akan menjadi fitur standar untuk semua model iPhone, atau terbatas pada model tertentu, dan untuk pasar tertentu.

Baca juga:

Jatuh dari Pesawat Saat Terbang, Bagaimana Nasib iPhone Ini?

Apple bukannya tidak mengikuti tren penggunaan dual-SIM card, namun perushaan memang sangat memanjakan pengguna di Amerika Serikat. Kebanyakan Apple Fanboy atau pengguna ponsel pada umumnya di negara tersebut sudah menggunakan sistem kontrak ponsel dan juga bayar langganan bulanan.

- Advertisement -

Pasaran yang sangat cocok untuk teknologi dual-SIM card adalah pengguna di Asia dan Eropa. Terutama kaum pebisnins yang banyak melakukan kegiatan keluar negeri namun tidak ingin repot ganti nomor dan melakukan banyak pengaturan.

Baca juga:

Ini Bedanya Cara Force Close Aplikasi di iPhone Biasa dan iPhone X

Sebuah laporan dari UDN.com (03/08/2018) membocorkan bahwa model dual-SIM akan eksklusif tersedia di pasar China. iPhone varian dua kartu SIM ini konon hanya berlaku untuk iPhone LCD 6,1 inci, yang merupakan salah satu dari tiga model iPhone terbaru yang diisukan akan muncul tahun ini.

Akan tetapi, dugaan tersebut berbeda dari prediksi analis terkenal Ming-Chi Kuo yang sebelumnya mengatakan bahwa fungsi dual-SIM akan datang ke model iPhone 6,5 inci. Ia bersikukuh bahwa model 6,1 inci akan memiliki opsi SIM tunggal di pasaran seluruh dunia.

Baca juga:

CEO Apple Pun Akui Kecanduan Gadget

Apple sendiri memang tidak akan mengkonfirmasi isu apa pun sebelum hari peluncuran tiba. Sekuel iPhone terbaru sendiri baru dijadwalkan tiba di bulan September mendatang.